Mengenal Ritual Melukat, Prosesi yang Dijalani Jerinx SID Pasca Bebas dari Penjara

Mengenal Ritual Melukat, Prosesi yang Dijalani Jerinx SID Pasca Bebas dari Penjara

Drummer band Superman Is Dead, Jerinx SID bebas dari penjara Lapas Kerobokan pada Selasa (7/6) pagi. Setelahnya, Jerinx langsung melakukan upacara melukat atau pembersihan diri. Selain Jerinx, sang istri Nora Alexandra juga ikut menjalankan upacara yang dipandu oleh sang mertua. Lalu apa sebenarnya upacara Melukat?

Bila anda pernah berkunjung ke Pulau Bali, ritual ini tentunya tidak asing. Upacara Melukat masih merupakan salah satu tradisi umat Hindu di Bali yang masih dilaksanakan secara turun-temurun. Melukat adalah upacara pembersihan pikiran dan jiwa secara spiritual dalam diri manusia.

Pensucian secara rohani artinya menghilangkan pengaruh kotor/klesa dalam diri.Upacara melukat menggunakan air sebagai media untuk pembersihan diri karena air sendiri merupakan sebuah anugerah, serta mendapatkan penghormatan istimewa dalam kehidupan Hindu di Bali.

Melukat (via Asian Parent)

Melukat sendiri berasal dari kata Sulukat, dengan "Su" bermakna baik dan "Lukat" yang bermakna penyucian. Secara singkat, Sulukat berarti menyucikan diri untuk memperoleh kebaikan. Air yang digunakan dalam upacara ini dianggap mampu membersihkan diri dan pikiran negatif serta menghalau hal-hal negatif. Air juga dipercaya dapat menghilangkan pengaruh kotor atau klesa yang dapat merusak yang ada dalam diri.

Umat Hindu di Bali percaya bahwa setiap manusia memiliki sifat diri yang kotor. Oleh karena itu, sifat tersebut harus dibersihkan dan dibuang dari dalam diri manusia. Dengan melaksanakan upacara Melukat, hal-hal yang bersifat kotor atau hal-hal yang berkaitan dengan hal negatif baik secara rohani maupun jasmani dapat kembali bersih dan suci. Sehingga manusia dapat melanjutkan hidup kedepannya dengan lebih baik lagi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"