Tahukah Kamu Kalau Ini Sejarahnya Pemain Sepak Bola Suka Tukar Jersey Usai Pertandingan

Tahukah Kamu Kalau Ini Sejarahnya Pemain Sepak Bola Suka Tukar Jersey Usai Pertandingan

Saat wasit sepak bola meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, beberapa pemain ada yang saling menghampiri dan menukar jersey masing-masing tim. Kadang kedua pemain dari tim yang melakukannya di lapangan atau di lorong ruang ganti pemain.

Dilansir dari Quora, tradisi tukar jersey ini pertama kali dilakukan pada 14 Mei 1931 usai pertandingan Perancis melawan Inggris. Pertandingan berlangsung di Stadion Stade Olympque Tves- du Manoir yang disaksikan sekitar 30 ribu penonton.

Pertandingan itu dimenangkan oleh Perancis dengan skor 5-2. Usai pertandingan berakhir, kedua tim memutuskan untuk saling bertukar jersey. Para pemain Perancis diminta menyimpan jersey pemain Inggris demi mengenang kemenangan bersejarah itu.

Ilustrasi Pemain Tukar Jersey (Pikiran Rakyat)

Hampir 100 tahun nantinya kebiasaan itu terjadi sampai saat ini. Dalam situs resmi FIFA sebagai induk organisasi sepak bola terbesar di dunia, pernah mengunggah tulisan "Swapping Shirts and Anecdotes" atau pertukaran kaos pemain sepak bola secara resmi di perhelatan Piala Dunia 1954.

Seiring berjalannya waktu, penukaran jersey pada masa sekarang dengan berbagai alasan. Mulai dari menghormati pemain lawan, sebagai kenang-kenangan, dan kekaguman pada sosok pemain lawan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"