Syarat Menjadi Personal Trainer di Gym, Tertarik Coba?

Syarat Menjadi Personal Trainer di Gym, Tertarik Coba?

Personal trainer di gym atau pusat kebugaran adalah profesi yang menginspirasi karena bisa membantu seseorang dalam berolahraga untuk membentuk tubuh yang diinginkan. Bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini, harus mengetahui bagaimana sih syarat menjadi personal trainer di gym?

Sebelumnya personal trainer di gym memiliki tugas atau tanggung jawab. Personal trainer wajib membuat program latihan di gym yang sesuai dengan tujuan klien. Memberikan saran kepada klien seperti pola makan dan pola istirahat harus dilakukan oleh personal trainer. Personal trainer wajib memonitor kemajuan klien dan mengecek kesehatan klien, hingga memberikan pertolongan kepada klien apabila mengalami cedera di gym.

Memang mayoritas orang datang ke gym untuk membentuk badan seperti membesarkan massa otot dan memperindah body line hingga menurunkan serta menambah berat badan sesuai dengan program-program dari personal trainer tersebut. 

Syarat Menjadi Personal Trainer (Udemy)

Beberapa syarat bisa disiapkan bagi kamu yang mau jadi seorang personal trainer. Kamu harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan ilmu olahraga yang baik. Personal trainer juga harus memahami seputar anatomi tubuh, kesehatan, hingga seluk-beluk nutrisi dan gizi. Sebab saat nanti bekerja dia harus memberikan masukan kepada klien.

Untuk latar belakang pendidikan seorang personal trainer biasanya pusat kebugaran tidak mematok harus bergelar sarjana atau S1, Diploma, atau SMA/SMK. Sebab personal trainer dengan lulusan SMA pun banyak bekerja di pusat kebugaran di Indonesia.

Personal trainer juga harus memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Masa sih ingin membantu klien membentuk tubuh tapi tubuh si personal trainer sendiri malah sering sakit-sakitan atau tidak proporsional, misalnya terlalu kurus atau malah gemuk, yang ada klien malah bisa tidak percaya.

Kemudian yang juga penting adalah sertifikat. Personal trainer biasanya memiliki sertifikasi Certified Fitness Trainer atau CFT yang dikeluarkan oleh Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia atau APKI. Untuk mendapatkan sertifikat ini calon personal trainer wajib melakukan pelatihan. Sertifikat ini berlaku selama lima tahun.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"