Sering Disepelekan, Berikut Alasan Kenapa Stretching Penting Banget!

Sering Disepelekan, Berikut Alasan Kenapa Stretching Penting Banget!

Membangun otot dan mencapai kebugaran aerobik saja tidak cukup. Kamu juga perlu memikirkan fleksibilitas. Nah, itulah kenapa stretching itu penting. Kamu mungkin menganggap stretching atau peregangan sebagai sesuatu yang hanya dilakukan oleh pelari atau pesenam. 

Namun kita semua perlu melakukan peregangan untuk melindungi mobilitas dan kemandirian kita. “Banyak orang tidak memahami bahwa peregangan harus dilakukan secara teratur. Itu harus dilakukan setiap hari,” kata David Nolan, ahli terapi fisik di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard.

Mengapa Stretching itu Penting?

Stretching di kantor (dasaeon.com)

Peregangan membuat otot tetap fleksibel, kuat, dan sehat, dan kita membutuhkan fleksibilitas tersebut untuk mempertahankan rentang gerak pada persendian. 

Tanpanya, otot akan memendek dan menjadi tegang. Kemudian, ketika kamu menggunakan otot untuk beraktivitas, otot tersebut menjadi lemah dan tidak dapat melakukan peregangan sepenuhnya. Hal ini menempatkan dirimu pada risiko nyeri sendi, ketegangan, dan kerusakan otot.

Misalnya, duduk di kursi sepanjang hari mengakibatkan otot paha belakang menjadi tegang di bagian belakang paha. Hal ini dapat mempersulitmu untuk menjulurkan kaki atau meluruskan lutut sepenuhnya, sehingga menghambat berjalan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"