Sejarah Seni Tari di Dunia: Swing Dance yang Bikin Pinggul Gapengen Berhenti Berdendang

Sejarah Seni Tari di Dunia: Swing Dance yang Bikin Pinggul Gapengen Berhenti Berdendang

Beberapa orang merasa menari adalah hakekat dari hidup, sementara yang lain menari untuk kesenangan. Tapi itu adalah sesuatu yang menunjukkan energi besar pada penari. 

Menari tidak lain adalah menggerakkan tubuh manusia atau bagian tubuh lainnya bersamaan dengan musik. Begitulah sejarah seni tari di dunia terlahir.

Sejarah Seni Tari di Dunia: Swing Dance

Sejarah Seni Tari di Dunia: Swing Dance Swing Dance (barcelona.lecool.com)

Di antara banyak bentuk tarian yang sangat bervariasi dalam pemilihan musik hingga tempo musik, Swing Dancing memiliki keunikan tersendiri. Namanya diambil dari tarian yang dikembangkan selama era ayunan, yaitu 1920-1940, dengan popularitas Big Band dan musik jazznya. Begitu sejarah seni tari di dunia terkait swing dance ini.

Meskipun, ada banyak bentuk dan kelas tarian ayunan yang dikenal dengan nama yang berbeda, nama tarian ayunan biasanya merujuk pada salah satu dari mereka. Salah satu bentuk paling populer dikenal sebagai Lindy Hop, berasal dari Harlem pada 1930-an.

Para penari Lindy Hop awalnya dikenal sebagai Jitterbugs, mendapatkan nama mereka dari gerakan gelisah yang dibuat para penari. Ada bentuk-bentuk lain seperti Balboa, Collegiate Shag, dan lainnya.

Dan lebih banyak gaya yang dikembangkan setiap tahun. Tarian menjadi sangat populer dengan gerakan cepat dan rumit dan gerakan tarian. Charles Lindbergh adalah wahyu dalam kasus ini dan dengan demikian nama Lindy Hop muncul untuk menghormati gayanya menari.

Swing Dance (jrda.com.au)

Selama bertahun-tahun, banyak tarian lain mulai berkembang seperti Boogie woogie, Rock n Roll dan disko yang hanya merupakan turunan dari tarian ayunan asli. Mereka tumbuh dalam popularitas dan lebih banyak orang tertarik dengan gaya tarian yang lebih baru di cerita sejarah seni tari di dunia.

Menari ayunan asli hampir berkurang menjadi segelintir penari dan pada 1960-an, budaya hampir menghilang. Terlebih lagi lagu-lagu musik dibuat lebih mendukung gaya menari alternatif lainnya. Itu tetap keluar dari panggung utama hingga 1980-an ketika diperkenalkan lagi oleh Perancis dengan nama baru Jibe Prancis atau Modern Jibe.

Akhirnya mereka mulai mendapatkan apresiasi dan pengakuan yang baik di seluruh dunia. Perlahan-lahan itu muncul sebagai salah satu bentuk tarian terkemuka dan menjadi sangat populer di seluruh dunia. 

Ini perlahan-lahan membuat jalan kembali ke Inggris pada awal 1990-an, dan menari dengan musik jazz kontemporer dan musik modern. Ada banyak variasi dan perkembangan yang terjadi bahkan di akhir-akhir ini dan dapat ditemukan berbeda satu sama lain di berbagai belahan dunia.

Format tarian condong melalui banyak gaya dan kelas tari sejak awal abad ke-20. Pada tahun 1940-an ia menjadi populer sebagai East Coast Swing dan paling sering disebut sebagai Six Step Swing. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"