Sebenarnya, gerakan plank dan sit-up tuh efektif membasmi lemak di perut nggak sih? Soalnya banyak yang berhasil juga sih.

Sejauh ini, plank dan sit-up adalah dua jenis olahraga yang diketahui amat efektif membentuk otot. Kemudian orang-orang pun jadi rajin melakukan dua jenis olahraga tersebut. 

Tapi masalahnya ada lagi ... kenapa udah rajin-rajin melakukan dua olahraga itu tapi perut kita masih buncit ya? Ada yang merasa begini nggak?

Wajar sih tetap begitu perut kita. Soalnya, plank dan sit-up bukanlah jenis olahraga untuk mengecilkan perut gengs.

Plank disebut-sebut ampuh untuk mengecilkan perut ya? (menshealth.com)

Sejak awal, plank dan sit-up emang diperkenalkan sebagai olahraga mengecilkan perut sih. Tapi nyatanya, efek pengurangan lemak perut dari kedua jenis olahraga ini tidak terlalu besar. Kenapa?

Soalnya, plank dan sit-up sebetulnya termasuk olahraga yang khusus bertujuan untuk melatih dan meningkatkan massa otot biar lebih kuat.

Peningkatan massa otot perut itu tuh yang bikin orang-orang menganggap bahwa sit-up dan plank udah cukup untuk menghilangkan lemak di perut buncit kita. Padahal yang terjadi ... perut bakal terasa lebih kencang dari sebelumnya karena otot perut terbentuk.

Sit-up pun dipercaya bisa mengurangi lemak di perut (shutterstock.com)

Nah, kalau kita nggak ada usaha lain untuk menghilangkan lemak, otot di perut tetap tertutup jaringan lemak. Jadi ya nggak ngaruh-ngaruh banget sih.

Penelitian dalam jurnal Research Quarterly for Exercise and Sport menunjukkan bahwa melakukan plank atau sit-up tidak akan mengurangi lemak subkutan dan lemak viseral di balik perut. Apalagi jika kita rutin melakukannya dalam 5 kali seminggu selama 6 minggu berturut-turut.

Ini terjadi lantaran metabolisme tidak hanya terjadi di bagian perut aja, tetapi ke seluruh tubuh. Proses pembakaran lemak di sekitar perut saat melakukan sit-up atau plank hanya sebagian kecil saja ketimbang proses metabolisme lemak tubuh secara menyeluruh.

Emang bisa sih, tapi kan kecil perannya (beritagar.id)

Kalau gitu, ada nggak sih olahraga yang efektif untuk membuang lemak dari perut kita?

Jawabannya tidak ada! Kenapa? Karena pengurangan berbagai jaringan lemak alam tubuh tergantung pada seberapa banyak kalori yang kita bakar selama berolahraga. Pembakaran kalori dari olahraga pun tergantung pada variasi, durasi dan intensitas aktivitas fisiknya.

Yang patut kalian ingat nih, cuman fokus pada salah satu bagian tubuh aja nggak akan menghilangkan lemak pada bagian tersebut. Berolahraga dengan mengandalkan satu gerakan berulang seperti sit-up dan plank aja cenderung kurang efektif untuk membakar lemak dan menurunkan berat badan gengs.

Dua jenis olahraga itu kurang efektif sebenarnya (istockphoto.com)

Di lain pihak, jika kita benar-benar pengin mengecilkan perut kita, kita juga perlu menyeimbangkan rutinitas olahraga dengan gaya hidup sehat secara menyeluruh. 

Mulailah dengan menjaga pola makan yang bergizi dan seimbang. Selain itu manajamen stres yang baik, minum air putih, hindari rokok, hingga tidur yang cukup malah berperan besar gengs.



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations