Renang Gaya Dada: Tentang Manfaat dan Teknik Gerakan Tangan, Kepala, dan Kaki yang Benar

Renang Gaya Dada: Tentang Manfaat dan Teknik Gerakan Tangan, Kepala, dan Kaki yang Benar

Renang gaya dada adalah satu dari beberapa jenis gaya renang. Renang gaya dada menjadi gaya favorit yang dilakukan orang ketika berenang selain gaya bebas. Renang gaya dada memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika konsisten dilakukan. 

Manfaat pertama renang gaya dada bisa membakar kalori. Renang gaya dada menggerakkan kaki, paha, tangan, leher, dan kepala. Ketika melakukan renang gaya dada sela,a 30 menit saja sebanyak 200 kalori terbakar. Renang gaya dada juga bisa membentuk bagian otot seperti otot paha, betis, lengan, dan tentunya dada.

Dalam sebuah penelitian di International Journal for Educational and Vocational Studies, disebutkan jika melakukan renang gaya dada membuat otot kaki terbentuk. Selain itu renang gaya dada juga bisa membuat sirkulasi darah semakin lancar karena bermanfaat bagi tubuh. Pembuluh darah akan mengalirkan banyak darah cepat saat melakukan renang gaya dada.

Renang Gaya Dada (Halodoc)

Lalu bagaimana teknik melakukan renang gaya dada? Untuk posisi badan harus memperhatikan dengan permukaan air, Posisikan badan lurus dengan permukaan air. Kemudian posisi bahu, paha, dan kaki berada dalam satu garis horizontal. Hindari posisi paha terlalu turun masuk ke dalam air. Tubuh usahakan dibuat rileks dan nyaman agar renang gaya dada bisa dilakukan dengan benar.

Sementara untuk posisi kepala menghadap ke depan dengan posisi sejajar dengan tubuh. Rilekskan bagian leher karena nantinya kepala akan naik dan turun ke atas dan ke bawah permukaan air untuk mengambil napas. Ketika posisi kepala sedang masuk ke dalam air coba posisi menunduk agar mencegah hambatan air.

Posisi tangan juga sangat mempengaruhi posisi renang gaya dada. Kedua lengan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan saling bertemu. Dorong tubuh meluncur ke depan. Ketika tubuh meluncur, tangan di gerakkan dengan membentuk lingkaran dari arah samping hingga menyatu di atas kepala lalu turun ke bagian atas dada.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"