Profil Sir Jim Ratcliffe, Konglomerat Pemilik Baru Manchester United

Profil Sir Jim Ratcliffe, Konglomerat Pemilik Baru Manchester United

Sir Jim Ratcliffe resmi sudah jadi pemilik klub Manchester United. Ratcliffe berhasil jadi pemilik baru klub berjuluk ‘setan merah’ dengan mayoritas saham klub dimilikinya. Ratcliffe juga tercatat bukan orang sembarangan di Inggris. Pemilik nama asli Jame Arthur Ratcliffe menjadi salah satu konglomerat sukses di Inggris.

Dia adalah seorang pengusaha sukses yang memiliki bisnis dalam bidang industri kimia. Dia menjadi bos dari Ineos Group, perusahaan kimia yang ia dirikan sejak tahun 1998 dan berkembang pesat sampai sekarang. Ia lahir pada tahun 1952 dari keluarga yang cukup sederhana. 

Ayahnya hanya tukang kayu dan ibunya pegawai di kantor akuntan. Tapi karena kerja kerasnya membuat Ratcliffe berhasil menjadi orang sukses. Ia masuk dalam jajaran orang kaya di Inggris dengan kekayaan mencapai hampir 120 triliun. Kekayaan itu ditaksir akan terus bertambah setelah ia jadi pemilik Manchester United.

Sir Jim Ratcliffe (detiksport)

Perjalanan karier seorang Sir Jim Ratcliffe berliku. Ia awalnya hanya seorang insinyur kimia di Exxon Chemicals dan ia tertarik dengan dunia bisnis. Ia pun mendaftarkan dirinya di sekolah bisnis London Business School. Barulah setelah sukses dia mengakuisisi banyak perusahaan kimia.

Tepat saat usianya genap 45 tahun, Ratchlife mendirikan perusahaan Ineos Group.Selama lebih dari 20 tahun ini berdiri pendapatan yang didapatkan mencapai 45 miliar poundsterling atau sekitar 400 triliun per tahunnya dan diprediksi akan terus bertambah. 

Ratcliffe memang tak disangka bakal jadi pemilik baru Manchester United. Sebelumnya sempat ada pengusaha asal Qatar bernama Sheikh Jasim yang tertarik untuk membeli klub yang diperkuat oleh Bruno Fernandes ini. Kabar itu mengemuka setelah isu pembelian Manchester United seharga 5 miliar poundsterling atau Rp 93,3 triliun beberapa waktu lalu. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"