Piala Menpora Pindah Malam Saat Ramadan, ini Dampak Positifnya

Piala Menpora Pindah Malam Saat Ramadan, ini Dampak Positifnya

Datangnya bulan suci Ramadan juga berdampak kepada dunia olahraga, tak terkecuali sepakbola. Beradaptasi dengan ibadah bulan puasa di bulan Ramadan, pertandingan sepakbola pun dipindah ke waktu malam hari.

Saat ini Piala Menpora sudah memasuki babak semifinal. Tersisa 4 tim yang berhasil menembus babak ini, yakni PSM Makassar, Persija Jakarta, Persib Bandung, dan PSS Sleman. Nantinya. laga 4 tim di semifinal ini akan digelar pada pukul 20.30 WIB.

Dipindah Malam Malah Bagus Untuk Kesehatan

Dipindah Malam Malah Bagus Untuk Kesehatan PSS vs Bali United (ligaindonesiabaru)

Dipindahnya pertandingan menjadi malam hari memang sebagai bentuk adaptasi untuk mereka yang menjalani ibadah Ramadan. Meski begitu, ternyata ada dampak kesehatan dengan jadwal dipindah malam.

Dalam jurnal berjudul The Optimal Time of Day for Training during Ramadan, yang ditulis oleh Hamdi Chtourou, Omar Hammouda, Asma Aloui, Nizar Souissi, dan Anis Chaouachi pada 2014, dijelaskan jika sehabis buka puasa adalah waktu yang tepat berolahraga.

Tak hanya selepas berbuka, olahraga juga bisa tetap dilakukan hingga menjelang berbuka. Hanya saja untuk olahraga ekstrim dianjurkan untuk dilakukan minimal 90 menit setelah berbuka puasa.

Pasalnya, jika olahraga ekstrim digelar sebelum berbuka puasa, maka tubuh terancam mengalami dehidrasi. Begitu pula jika olahraga ekstrim tadi dilakukan sore atau pagi hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"