Perbedaan Baseball dan Softball, Jangan Salah Ya!

Perbedaan Baseball dan Softball, Jangan Salah Ya!

Baseball dan softball merupakan olahraga yang dianggap memiliki kesamaan padahal keduanya berbeda loh. Perbedaan baseball dan softball terlihat dari ukuran bola, ukuran lapangan, jenis alat pemukul bola, dan waktu pertandingan. Baseball dan softball adalah olahraga yang mulai berkembang di Indonesia, meski tidak sepopuler olahraga seperti sepak bola atau basket, dan voli.

Untuk baseball memiliki sejarah yang cukup panjang. Baseball pertama kali dibuat pada tahun 1883 oleh Abner Doubleday di New York, Amerika Serikat. Untuk peraturan baseball dibuat pada 1845 oleh Alexander J. Cartwright. Sementara softball muncul empat tahun kemudian setelah baseball pada 1887.

Jika baseball diciptakan di New York, softball pertama kali dimainkan di Chicago, Amerika Serikat. Namun saat itu softball dimainkan dalam ruangan yang tertutup. Pada 1930 barulah olahraga ini dimainkan dan dipertandingan di tempat terbuka. Uniknya di Indonesia, baseball dan softball sama-sama bernaung dalam sebuah organisasi yang sama yakni PERBASI atau Persatuan Baseball dan Softball Indonesia. Apa saja perbedaan baseball dan softball?

Perbedaan Baseball dan Softball, Jangan Salah Ya (Okezone Sports)

Bola

Meski memiliki cara bermain yang hampir sama namun ukuran bola baseball dan softball berbeda. Untuk baseball menggunakan ukuran bola yang lebih ringan dibandingkan softball. Bola baseball memiliki ukuran diameter 23,5 cm dengan berat 178 gram. 

Sementara bola softball punya ukuran sedikit lebih besar, terkait diameter dan berat. Untuk diameter bola softball sekitar 30-31 cm dan beratnya mencapai 180-200 gram. Bola softball terbuat dari campuran bahan gabus dan karet dan dililit dengan benang yang baik. 

Durasi Pertandingan

Perbedaan baseball dengan softball yang terlihat adalah soal waktu pertandingan. Pertandingan baseball memiliki sembilan babak dan babaknya bisa ditamba jika kedua tim memiliki nilai yang sama atau seri. Sementara babak dalam softball lebih sedikit karena hanya tujuh babak saja atau inning. Pertandingan softball bisa lebih cepat selesai dengan beberapa ketentuan yang sudah disepakati.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"