Patut Dicoba! 5 Gerakan Olahraga Mata Ini Bisa Atasi Mata Lelah dan Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Patut Dicoba! 5 Gerakan Olahraga Mata Ini Bisa Atasi Mata Lelah dan Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Masih banyak orang menghabiskan waktu untuk bekerja di depan komputer. Ini bahkan belum termasuk kebiasaan kamu berlama-lama menatap layar smartphone dan televisi. Jadi tidak heran kalau mata  akan kelelahan yang ditandai dengan mata kering atau berair, penglihatan kabur sampai gatal membuat kamu ingin menggosoknya. Untuk mengatasinya, kamu disarankan untuk mencoba olahraga  mata.

Selain mudah dilakukan, berbagai jenis olahraga ini juga tidak memakan waktu yang lama. Yang perlu diperhatikan, saat melakukan gerakan-gerakan senam mata ini, jaga kepala tetap di tempat, lemaskan bahu, bernapas dengan mantap, dan hanya gerakkan mata saja ya! Lantas apa saja olahraga untuk mata itu? Berikut penjelasannya!

1.    Memutar Mata

Gerakan untuk mengatasi mata lelah yang pertama adalah memutar mata. Cara melakukannya, kamu perlu duduk tegap dengan posisi tulang belakang memanjang. Lembutkan pandangan dengan melemaskan otot-otot mata dan wajah. Kemudian, arahkan pandangan ke langit-langit. Secara perlahan, gerakkan mata memutar searah jarum jam, seolah menggambar lingkaran.

Perlahan, fokuskan pandangan pada obyek sekitar jarak pandang kamu saat melakukan putaran ini. Kamu bisa melakukan gerakan ini sambil memejamkan mata lalu ulangi dengan membuka mata. Lakukan sebanyak tiga kali, tutup mata dan rileks. Saat kamu siap, ulangi gerakan mata dari awal sebanyak tiga kali dengan arah yang berlawanan.

2.     Gonta-ganti Fokus

Foto: Olahraga Untuk Mata (Kumparan)

Luruskan satu lengan dengan kepalan tangan longgar tepat sejajar di depan mata. Buka ibu jari mengarah ke atas, lalu fokuskan pandangan ke ibu jari kamu. Terus tatap ibu jari sambil perlahan-lahan tarik ibu jari mendekati hidung sampai kamu tidak lagi bisa fokus dengan jelas. Kemudian tarik dan buang napas dalam-dalam sambil mengembalikan posisi lengan seperti semula sambil menjaga fokus melekat di ibu jari. Lakukan gerakan ini sebanyak sepuluh kali.

3.    Pandangan Ke Depan

Setelah berjam-jam berhadapan dengan layar, istirahatkan pandangan sejenak ke sebuah objek yang jauh. Kalau kamu di dalam ruangan, alihkan pandangan ke luar jendela. Kamu juga bisa melakukan gerakan ini dengan mengerjap-ngerjapkan mata sejenak. Awalnya, pejamkan mata dengan cukup kuat, lalu buka mata lebar- lebar. Kemudian coba lihat benda di dekatmu, agak jauh sampai benda yang jauh. Olahraga ringan ini bisa membuat mata segar dan menjadikannya terasa ringan.

4.    Melirik



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"