Olahraga Malam Hari Jam Berapa? Catat Aturannya Biar Tubuh Tambah Sehat

Olahraga Malam Hari Jam Berapa? Catat Aturannya Biar Tubuh Tambah Sehat

Tren olahraga saat malam hari di kota-kota besar terjadi beberapa tahun ini. Selepas orang beraktivitas, banyak yang melakukan olahraga di malam hari. Namun banyak yang masih bertanya olahraga malam hari jam berapa? Yuk dibaca penjelasannya.

Melansir dari Healthline, sebuah studi menjelaskan bahwa orang yang terbiasa bangun pagi akan langsung beraktivitas sampai sore hari. Saat waktu menunjukkan pukul 2 siang hingga jam 6 petang, suhu tubuh akan berada di puncak tertinggi. Maka kondisi suhu tubuh meningkat membuat kekuatan otot, aktivitas enzim, dan daya tahan tubuh akan optimal untuk olahraga.

Malam hari dijadikan waktu untuk olahraga karena penyerapan oksigen di malam hari lebih cepat dibandingkan pada pagi hari. Kondisi ini menyebabkan tenaga yang dikeluarkan saat olahraga malam lebih sedikit dibandingkan pada pagi hari. Belum lagi tekanan darah lebih rendah dan detak jantung lebih stabil dibandingkan pagi hingga siang hari.

Memang tidak ada waktu spesifik kapan olahraga malam yang tepat. Leny Pintowari, SpKO seorang dokter olahraga dilansir dari Tempo.co menyebut bahwa waktu olahraga malam hari harus diperhatikan jamnya. Jangan sampai terlalu mepet dengan waktu tidur malam. “Bila tidur jam 10 malam, olahraga maksimal berhenti jam 8 malam,” ujarnya.

Olahraga Malam Hari Jam Berapa, Catat Aturannya Biar Tubuh Tambah Sehat (Alodokter)

Kenapa olahraga malam hari jam berapa yang tepat  harus disesuaikan dengan waktu tidur malam? Menurutnya tubuh membutuhkan waktu untuk menurunkan metabolism supaya bisa beristirahat dengan baik. Sebab jika waktu olahraga terlalu mepet maka dapat mengganggu jadwal istirahat seseorang.

Sebaiknya olahraga malam hari yang tepat  mulai dilakukan dengan bertahap. Tidak perlu melakukan dengan jangka waktu yang lama karena bisa melelahkan tubuh. Saat tubuh merasa lelah bisa mengganggu jadwal istirahat tidur malam. Yang juga diperhatikan adalah melakukan konsultasi dengan dokter terkait risiko penyakit bila olahraga dilakukan malam hari, khususnya pada penderita jantung dan hipertensi.

Olahraga apa saja yang aman dilakukan pada malam hari? Lakukan gerakan yang cenderung santai dan tidak melelahkan, misalnya jalan santai, jogging, sepeda, atau tread mill. Ada juga olahraga yang dilarang pada malam hari, misalnya futsal tidak dianjurkan termasuk dengan tenis karena bisa membuat fisik sangat lelah.

Banyak orang memutuskan untuk lari di malam hari. Udara malam yang hangat ternyata dipilih orang sebagai waktu untuk berlari. Selain itu berlari pada malam hari membuat tidak terlalu panas dibandingkan pagi hari yang terkena sinar matahari. Memang apa saja manfaat lari di malam hari?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"