Olahraga dengan Perut Kosong Jelas Bikin Sehat Lho

Olahraga dengan Perut Kosong Jelas Bikin Sehat Lho

Sebaiknya makan dulu atau nggak sih sebelum berolahraga? Nah, kita sering nih dengar pertanyaan macam ini dari orang-orang. Menurut kalian gimana?

Biar kamu tau nih ... olahraga dengan perut kosong tuh punya manfaat kesehatan dan jauh lebih baik. Kok bisa?

Pengin olahraga tapi perut masih kosong, gimana dong? (unsplash.com)

Seperti dikutip dari DailyMail, hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian dari University Bath dan Birmingham, Inggris. Peneliti mengungkap bahwa olahraga dengan perut kosong bisa bikin tubuh jadi lebih efisien dalam menggunakan insulin.

Hal itu disebut 'sensitif insulin'. Nah, insulin yang terkontrol itulah yang berpotensi untuk melawan diabetes tipe dua dan kondisi terkait metabolisme tubuh lainnya.

Penelitian yang melibatkan 30 laki-laki obesitas itu dibagi menjadi dua kelompok. Selama enam minggu,satu kelompok diminta sarapan sebelum olahraga. Satu kelompok lainnya tidak.

Lakukan aja gengs, soalnya lebih sehat (kalevfitness.com)

Selain itu, semua peserta juga diminta untuk makan malam terakhir jam delapan malam. Besok paginya, mereka harus berolahraga.

Olahraga yang dilakukan adalah bersepeda tiga kali seminggu selama 50 menit.

Hasilnya menarik nih gengs. Para peserta yang olahraga dengan perut kosong ternyata lebih responsif terhadap insulin. Sementara mereka yang olahraga setelah makan menunjukkan hal yang sebaliknya.

"Jika Anda lebih sensitif terhadap insulin, kecil kemungkinan terkena diabetes tipe dua. Ketika sensitivitas insulin mulai buruk, itulah jalur pertama untuk diabetes tipe dua," kata dr Javier Gonzales dari University of Bath.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"