Nggak Kalah dengan JIS dan GBK, Stadion di Banten Ini Bisa Dipilih Jadi Venue Piala Dunia U-17

Nggak Kalah dengan JIS dan GBK, Stadion di Banten Ini Bisa Dipilih Jadi Venue Piala Dunia U-17

Stadion di Banten yakni Banten International Stadium disebut bisa menjadi stadion untuk venue Piala Dunia U-17 2023 yang berlangsung di Indonesia pada 10 November – 2 Desember. Stadion ini berstandar FIFA. Memang kepopulerannya masih kalah dibandingkan JIS (Jakarta International Stadium) atau GBK (Gelora Bung Karno).

Lokasi Banten International Stadium tidak jauh dari Jakarta. Akses menuju stadion juga cukup mudah. Stadion ini termasuk bangunan baru yang ‘satu angkatan’ dengan JIS karena sama-sama selesai dibangun pada tahun 2022. Lokasi stadion ini ada di Kecamatan Curug, Kota Serang, Banten.

Dalam proses pembangunan, anggaran ini menelan biaya sekitar Rp 874,3 miliar. Berdiri di tanah seluas 78.116 meter persegi. Banten International Stadium memiliki kapasitas tempat duduk penonton 38.000 kursi.

Banten International Stadium (Tribun)

Sebagai stadion yang tergolong baru di Indonesia, memang Banten International Stadium belum juga dipakai sebagai homebase tim-tim sepak bola di Indonesia. Gosipnya RANS Nusantara sempat akan memakai stadion tersebut, bahkan Raffi Ahmad sudah bertemu dengan Gubernur Banten kala itu.

Wahidin Halim Gubernur Banten meremikan stadion itu pertama kali pada 9 Mei 2022. Meski bukan berada di Jakarta, jangan salah karena stadion ini memiliki standar FIFA dan kualitasnya bisa diadu dengan stadion-stadion lain di Indonesia.

Misalnya saja rumput stadion ini berjenis Zoysia Matrella yang diimpor langsung dari Italia. Rumput jenis itu memiliki standar FIFA. Kemudian di dalam tribun stadion ada tempat khusus yang disediakan bagi penonton yang merupakan disabilitas atau berkebutuhan khusus agar mereka nyaman menonton pertandingan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"