Misteri Terpecahkan! Ini Alasan Tuan Rumah SEA Games Sering Jadi Juara Umum

Misteri Terpecahkan! Ini Alasan Tuan Rumah SEA Games Sering Jadi Juara Umum

SEA Games 2023 berlangsung di Kamboja. Hingga Rabu (10/5) tuan rumah Kamboja memimpin klasemen perolehan medali SEA Games. Bahkan Kamboja bisa jadi juara umum SEA Games 2023 ini dengan mengalahkan negara-negara kuat di Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, hingga Indonesia.

Memang mitos dalam SEA Games banyak yang menjadi tuan rumah selalu jadi juara umum. Meskipun ada juga beberapa negara yang jadi tuan rumah namun tidak berhasil menjadi juara. Sejak SEA Games 2001 kebiasaan itu terjadi sampai sekarang. Sejumlah alasan diduga jadi penyebab kenapa tuan rumah SEA Games jadi juara umum.

Mungkin karena para atlet atau kontingen bertanding di negara atau rumah sendiri membuat kepercayaan diri mereka meningkat. Semangat berlipat ganda ditambah dukungan para suporter yang tentu jumlahnya sangat banyak dibandingkan suporter dari negara tamu lainnya. 

Tuan Rumah SEA Games Sering Jadi Juara Umum (detikSport)

Selain itu terkait tuan rumah SEA Games sering jadi juara umum SEA Games ada kaitannya dengan aturan baru dimana tuan rumah memperbolehkan memasukkan delapan cabang olahraga tradisional di negaranya untuk mempromosikan kekayaan budaya di negara itu. 

Sebut saja dalam perhelatan SEA Games 2013 yang berlangsung di Myanmar. Kala itu tuan rumah tidak memasukkan cabang olahraga seperti bowling, tenis, voli pantai, senam, dan hoki. Hal itu membuat banyak negara-negara peserta yang merasa keberatan karena justru cabang olahraga yang tidak dipertandingkan menjadi target medali pada SEA Games tersebut.

Alasannya Myanmar tidak mempertandingkan voli pantai karena olahraga itu tidak sesuai dengan kebudayaan negaranya. Beda Myanmar, beda lagi dengan Filipina yang jadi tuan rumah SEA Games 2019. Kala itu Filipina mempertandingkan cabang olahraga arnis atau seni bela diri asli Filipina. Maka banyak atlet Filipina menyumbangkan medali emas dari cabang olahraga itu sehingga membantu Filipina jadi juara sebagai tuan rumah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"