Manfaat Deker Lutut yang Penting Digunakan Saat Olahraga

Manfaat Deker Lutut yang Penting Digunakan Saat Olahraga

Bagi orang yang suka olahraga menggunakan deker lutut adalah hal tepat agar bagian kaki khususnya lutut tidak mengalami cedera. Manfaat deker lutut sangat beragam karena sebagai alat pelindung yang dirancang untuk mencegah cedera dan menjaga lutut agar tetap dalam kondisi baik ketika mengalami benturan.

Melansir dari beberapa sumber, deker lutut terdiri dari beberapa jenis, tergantung dari bahan yang digunakan. Ada deker yang terbuat dari kapas hingga bahan neoprene. Deker juga cocok diletakan pada bagian lutut kaki, karena bagian ini menjadi penting ketika seseorang melakukan olahraga, sebab lutut menopang berat tubuh. 

Jika lutut mengalami gangguan atau cedera maka akan membuat aktivitas olahraga jadi terganggu dan menyulitkan melakukan kegiatan sehari-hari lainnya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Epidemiology menunjukkan jika seseorang yang memakai deker lutut ketika olahraga maka bisa mengurangi cidera sebanyak 50 persen. Berikut beberapa manfaat deker lutut.

Manfaat Deker Lutut yang Penting Digunakan Saat Olahraga (Shopee)

Mencegah Cedera

Biasanya seseorang yang melakukan olahraga sepak bola, basket, voli, dan jogging banyak yang menggunakan deker pada bagian lutut. Deker lutut sangat baik meminimalisir terjadinya ganguan pada lutut kaki, hingga terjadinya patah tempurung lutut karena terjadi benturan saat melakukan olahraga.

Selain melindungi dari benturan, manfaat deker lutut juga melindungi bagian lutut dari benda tajam, seperti paku, besi, dan beberapa benda lainnya. Biasanya cedera yang paling sering terjadi pada lutut adalah bagian persambungan lutut atau ligament. Deker lutut bisa melindungi sisi ligament supaya tetap stabil ketika seseorang berlari, melompat, hingga mengangkat beban berat.

Memberikan Keamanan dan Kenyamanan

Karena fungsi utama mencegah terjadinya cedera saat olahraga, ketika menggunakan deker lutut saat olahrga maka orang tersebut akan merasa aman dan nyaman saat olahraga, tidak perlu merasa khawatir dengan adanya gangguan cedera. Untuk orang tua atau lansia juga bisa menggunakan deker karena banyak yang sudah kekurangan mineral dan vitamin pada bagian lutut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"