Manfaat, Bahaya, dan Tips Aman Olahraga Saat Musim Hujan

Manfaat, Bahaya, dan Tips Aman Olahraga Saat Musim Hujan

Di Indonesia diprediksi memasuki musim hujan di awal tahun 2023 sampai bulan Februari mendatang. Lalu bagaimana dengan rutinitas olahraga? Bolehkah melakukan olahraga saat musim hujan? Sebab ketika musim hujan terjadi, terkadang seseorang jadi malas berolahraga karena takut terkena hujan. Apa saja manfaat dan bahaya olahraga saat musim hujan?

Manfaat 

Meningkatkan Durasi Olahraga

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Sports Sciences memberikan penjelasan bahwa olahraga saat musim hujan dianggap bisa meningkatkan durasi waktu olahraga. Musim hujan membuat cuaca jadi sejuk dan tubuh lebih dingin. Karena udara yang sejuk membuat orang akan semangat melakukan olahraga.

Olahraga pada suhu yang dingin bisa membuat ketahanan tubuh lebih baik dan kemampuan organ jantung meningkat. Cuaca dingin bisa meningkatkan aliran darah kembali ke jantung. Darah akan dipompa menjadi lebih banyak. Kondisi ini akan memenuhi kebutuhan oksigen tubuh saat berolahraga.

Kalori Tubuh yang Dibakar Banyak

Karena durasi waktu olahraga yang bertambah membuat kalori dalam tubuh akan banyak yang terbakar dan dikeluarkan dibandingkan saat olahraga pada musim panas. Alhasil bagi orang yang ingin menurunkan berat badan tentu bisa sering melakukan olahraga pada musim hujan.

Risiko Dehidrasi Berkurang

Melakukan olahraga saat musim hujan bisa menurunkan keringat yang keluar. Cuaca dingin menyebabkan peningkatan suhu yang cukup berpengaruh. Karena saat olahraga keringat yang keluar sedikit maka kemungkinan tubuh mengalami dehidrasi akan berkurang. Itu beberapa manfaat olahraga saat musim hujan. Lalu apa saja bahayanya?

Olahraga Saat Musim Hujan (Titiknol)

Tubuh Alami Hipotermia

Cuaca dingin ketika musim hujan sebabkan suhu tubuh akan menurun. Penurunan suhu tubuh kemungkinan terus terjadi dan menyebabkan seseorang terserang hipotermia. Hipotermia tidak boleh dianggap remeh karena bisa menyebabkan kematian jika terus-menerus didiamkan dalam waktu lama. 

Cidera

Cidera bisa terjadi ketika olahraga di luar ruangan. Saat musim hujan biasanya kondisi tanah atau jalanan menjadi basah. Jika tidak hati-hati bisa menyebabkan seseorang jatuh karena terpeleset dan sebabkan cidera di bagian tubuh. Kuncinya harus hati-hati ketika berolahraga di luar rumah saat musim hujan.

Daya Tubuh Menurun

Daya kekuatan tubuh akan menurun karena olahraga di luar ruangan saat musim hujan. Sistem kekebalan tubuh bisa terpengaruh jika seseorang sering olahraga di musim hujan, bahkan olahraga saat hujan deras. Bukannya sehat malah dipaksakan dan jadi terserang sakit.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"