Mana Yang Lebih Baik? Makan Dulu Atau Olahraga Dulu, Gini Penjelasan Ahli

Mana Yang Lebih Baik? Makan Dulu Atau Olahraga Dulu, Gini Penjelasan Ahli

Beberapa dari kamu mungkin masih bingung, mana yang harus dilakukan makan sebelum atau setelah olahraga. Hal ini sebenarnya masih menjadi perdebatan tersendiri. Ada yang beranggapan makan sebelum olahraga membuat performa meningkat. Sementara makan setelah olahraga membantu meningkatkan pembakaran lemak.

Dikutip dari Hello Sehat, sebuah riset tentang ini pernah dilakukan di Belgia. Mereka meneliti perubahan berat badan orang yang makan sebelum dan setelah olahraga. Penelitian ini melibatkan 27 pria usia muda yang diberikan makanan tinggi kalori dan tinggi lemak selama 6 minggu berturut-turut.

Foto: Makan – Olahraga (Hello Sehat)

Mereka lantas dibagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok tidak melakukan olahraga sama sekali, kelompok yang makan makanan tinggi karbohidrat sebelum olahraga, dan kelompok yang makan makanan tinggi karbohidrat setelah olahraga.

Hasilnya seperti yang sudah diperkirakan, kenaikan berat badan paling tinggi terjadi pada kelompok yang tidak melakukan olahraga sama sekali. Namun menariknya, hal lain menunjukkan kalau kelompok yang makan setelah olahraga memiliki peningkatan berat badan paling rendah, bahkan tidak mengalami peningkatan berat badan sama sekali.

Meski demikian, belum banyak penelitian yang menemukan hasil serupa. Tapi, hasil ini menunjukkan bahwa apa yang kamu makan sebelum olahraga sangat berpengaruh pada perubahan berat badan. Namun perlu diperhatikan kalau makan terlalu banyak sebelum olahraga juga bisa menganggu sistem pencernaan dan bisa membuat perut sakit saat olahraga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"