Kesejahteraan Wasit Indonesia yang Masih Penuh Ketimpangan dan di Bawah Standar

Kesejahteraan Wasit Indonesia yang Masih Penuh Ketimpangan dan di Bawah Standar

Banyak pihak kembali mempertanyakan kesejahteraan wasit Indonesia. Bagaimanapun juga, wasit memiliki peran penting dalam dunia sepakbola. Termasuk wasit-wasit di Indonesia.

Sejumlah pihak menyebut wasit di Indonesia tidak mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan jumlah pertandingan yang akan dipimpin. Beberapa wasit di Liga 1 dan Liga 2 biasanya hanya memimpin kurang dari lima pertandingan dan satu kompetisi. 

Gimana dengan kesejahteraan wasit Indonesia? (pssi.org)

Selain itu, para wasit di Indonesia juga msih mendapatkan bayaran yang sangat kecil. Ternyata sistem pembayaran upah wasit dihitung berdasarkan jumlah pertandingan yang mereka pimpin.

Kalo begitu, berarti wasit yang hanya ditugaskan satu-dua laga dalam satu musim jelas jauh dari kata 'sejahtera'. Makanya, kesejahteraan wasit Indonesia terus dipertanyakan.

Wasit Liga 2 Muhammad Irham mengatakan bahwa dia bisa memimpin tiga atau empat pertandingan dalam satu musim. Tapi dia tak pernah tau akan bertugas berapa kali.

"Karena dalam satu musim kompetisi, kami tidak pernah tahu tugas berapa kali, dan antara wasit satu dan yang lain tentunya berbeda-beda. Teman di Liga 1 curhat ke saya ada yang empat kali, ada yang cuma tiga kali memimpin dalam semusim," kata Irham.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"