Kata Ahli Menyapu atau Ngepel Lantai Tidak Termasuk Olahraga, Kenapa?

Kata Ahli Menyapu atau Ngepel Lantai Tidak Termasuk Olahraga, Kenapa?

Dulu, banyak orang meyakini bahwa kegiatan membersihkan rumah seperti menyapu atau ngepel lantai adalah bagian dari olahraga. Dua kegiatan itu termasuk olahraga ringan yang menyehatkan. Bisa bakar kalori juga.

Tapi kini para ahli bilang kalo menyapu, ngepel lantai, atau mencuci baju tidak termasuk olahraga. Sehingga para ahli menyarankan kita agar tetap berolahraga. 

Dikutip dari CNNIndonesia, dokter kesehatan olahraga Michael Trianto mengatakan, "Itu tidak termasuk olahraga, tapi aktivitas fisik."

Banyak yang bilang menyapu adalah olahraga (thefamilyhandyman.com)

"Pertanyaannya sekarang apakah abang yang menarik becak sudah olahraga? Tidak, karena tidak ada program latihannya. Kecuali kalau abang becak itu setelah narik dia latihan kecepatan genjot becak karena mau ikut lomba balap becak," lanjutnya. Kenapa begitu?

Menurut Michael, ada perbedaan mendasar antara aktivitas fisik dan olahraga. Aktivitas fisik adalah bentuk kerja otot yang butuh energi. Contohnya ya ngepel lantai atau menyapu tadi.

Sementara olahraga diartikan sebagai aktivitas fisik dengan program tertentu. Jadi yang membedakan kegiatan itu olahraga atau sekadar aktivitas fisik adalah program aktivitasnya.

Michael mengatakan program aktivitas itu pun juga perlu mengikuti FITT, singkatan dan frequency, intensity, time, dan type.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"