JIS Termasuk, FIFA Tunjuk 4 Stadion Jadi Venue Piala Dunia U-17

JIS Termasuk, FIFA Tunjuk 4 Stadion Jadi Venue Piala Dunia U-17

Jakarta International Stadium atau JIS masuk dalam daftar stadion Piala Dunia U-17 2023. FIFA dan PSSI sudah sepakat dengan pilihan 4 stadion sebagai venue resmi pertandingan yang dimulai pada 10 November 2023 – 2 Desember 2023. Keempat stadion itu semuanya berada di Pulau Jawa.

Selain JIS, 3 stadion yang terpilih adalah Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya. Sebelumnya PSSI sudah merekomendasikan 8 stadion, namun FIFA memilih 4 stadion. Termasuk Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta yang justru tidak dipilih.

Memang isu stadion GBK tidak jadi venue Piala Dunia U-17 2023 sudah menguat sejak lama. Ditambah pernyataan resmi Menpora Dito Ariotedjo belum lama ini kepada wartawan di Jakarta pada (2/8) lalu. Ia mengatakan stadion berkapasitas 77.193 tempat duduk kemungkinan tidak jadi venue Piala Dunia U-17 karena konser Coldplay. “Sepertinya (Stadion GBK) tidak jadi venue karena secara jadwal tidak bisa,” tutur Dito dilansir dari voi.id.

Stadion Jadi Venue Piala Dunia U-17 (Inilah.com)

Sementara stadion Piala Dunia U-17 yang dicoret selain GBK adalah Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali. Pemilihan 4 stadion hanya di Pulau Jawa nampaknya selain karena kesiapan juga menghemat dana dan keperluan logistik.

Kemungkinan JIS terpilih menjadi stadion menggelar pertandingan pembukaan Piala Dunia U-17. JIS dijadwalkan akan menjadi venue pertandingan 2 grup dalam babak penyisihan. Kemudian di Si Jalak Harupat menggelar babak penyisihan 2 grup, 1 grup di Manahan, dan 1 grup lagi di Gelora Bung Tomo.

Untuk babak semifinal rencananya akan digelar di Manahan dan pertandingan final juga diselenggarakan di Manahan. Stadion Manahan juga awalnya menjadi stadion final Piala Dunia U-20 namun gagal usai nama Indonesia dicoret FIFA sebagai tuan rumah.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"