Jika Shin Tae-yong Diganti, 5 Pelatih Lokal Ini Bisa Jadi Penerusnya

Jika Shin Tae-yong Diganti, 5 Pelatih Lokal Ini Bisa Jadi Penerusnya

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong sudah meminta maaf karena gagal membawa Indonesia juara Piala AFF 2022. Banyak orang yang meminta Shin Tae-yong diganti saja oleh pelatih lokal Indonesia yang dianggap lebih baik darinya. Padahal kontrak pelatih asal Korea Selatan itu masih berjalan dengan PSSI hingga akhir tahun 2023 nanti.

Setelah timnas Indonesia gagal di semifinal AFF 2022, tagar #STYOUT menggema dan viral di sosial media. Sejak melatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong belum pernah sekali pun membawa satu piala pun untuk timnas Indonesia. Tentu ini adalah sebuah pekerjaan rumah yang besar bagi Shin Tae-yong. 

Berandai-andai saja, jika Shin Tae-yong diganti, PSSI bisa melirik beberapa pelatih lokal yang dianggap layak menjadi pelatih timnas Indonesia. Berikut ada sosok 5 pelatih tanah air yang bertangan dingin bisa meneruskan tongkat estafet kepelatihan dari tangan Shin Tae-yong. 

Pelatih Calon Pengganti Shin Tae-yong (Tempo.co)

Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan merupakan nama pelatih yang bisa menggantikan Shin Tae-yong. Ia memiliki jam terbang di kompetisi liga Indonesia. Ia pun sempat melatih klub di Malaysia. Rahmad juga pernah menjadi pelatih timnas Indonesia senior dan U-23. Saat ini Rahmad menjadi juru taktik di klub peserta Liga 1, RANS Nusantara FC. 

Indra Sjafri

Nama pelatih asal Sumatera Barat ini terkenal usai membawa timnas Indonesia U-19 jadi juara AFF 2013 lalu. Indra merupakan pelatih yang sering “blusukan” ke daerah-daerah untuk mencari bibit-bibit pemain muda. Kemampuan Indra meramu strategi membuatnya jadi Direktur Teknik PSSI. 

Fakhri Husaeni

Nama berikut ini sempat jadi pemain tengah timnas Indonesia di era tahun 90-an. Karir Fakhri di timnas Indonesia sebenarnya cukup baik. Kala itu di tahun 2018 Fakhri menjadi pelatih timnas Indonesia U-16 dan menjadi juara di Piala AFF. Selain itu Fakhri juga menekuni kepelatihan di klub-klub Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"