Jarak yang Direkomendasikan Buat Pelari Pemula, Biar Gak Cedera

Jarak yang Direkomendasikan Buat Pelari Pemula, Biar Gak Cedera

Olahraga murah meriah dan bisa buat rame-rame. Salah satunya lari. Tinggal tentukan tempat yang asyik aja. Lari bisa jadi hobi baru kamu.

Tapi jangan salah, olahraga murah ini bisa gak sesimple kelihatannya. Kalau dilakukan dengan cara yang salah dan porsi yang gak tepat bisa bikin kamu cedera.

Lari punya manfaat penting, termasuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Bukan sehat malah sakit badan. Gak mau kan? Dikutip dari Sportsrec.com, ini beberapa rekomendasi buat kamu yang masih pemula.

Rekomendasi jarak untuk pemula (clipart-library.com)

1. Untuk yang berusia lanjut

Mayo Clinic menetapkan bahwa untuk pria berusia 50-an, berlari 1,5 Km selama delapan menit atau kurang sudah masuk ke dalam golongan orang yang punya tingkat kebugaran yang baik.

Kalau memang ternyata gak bisa menyelesaikan 1,5 Km dalam waktu maksimal 8 menit, berarti perlu ditingkatkan kedepannya. Agar tingkat kebugaran semakin baik juga.

Untuk wanita berusia 50-an yang menjalankan bisa menyelesaikan 1,5 Km dalam waktu 10 menit itu sudah termasuk baik.

Jarak yang direkomendasikan untuk pelari pemula adalah 10 menit. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan 4,5 hingga 5 Km dalam 30 menit. Jika jarak tempuh 10 menit sepertinya tidak terjangkau, mulailah dengan jarak tempuh 12 menit dan kemudian turun.

Jangan memaksakan diri untuk lansia (itv.com)

Jangan memaksakan diri, apalagi untuk yang berusia lanjut. Tidak baik untuk kesehatan persendian tubuh.

2. Tingkatkan secara berkala

Saran ini buat yang masih muda maupun usia lanjut. Mulailah jarak lari sesuai dengan kemampuan. Setelah bisa berkomitmen dengan jarak yang sama, tingkatkan secara berkala. Baik jarak maupun kecepatan berlari.

Jangan tiba-tiba berlari dengan kecepatan tinggi dan jarak yang jauh. Kamu nanti bisa cedera.

3. Meningkatkan jarak tempuh daripada kecepatan

Tingkat jarak tempuh kamu lebih dari rata-rata. Misalnya, jika kamu jarak yang direkomendasikan untuk pelari pemula 5 Km dalam 25 menit. Menjaga kecepatan tetap pada jarak yang lebih jauh dengan kecepatan yang sama lebih baik daripada meningkatkan kecepatan tapi malah jadi cepet capek.

Yang harus kamu tingkatkan adalah jarak tempuhnya. Bukan kecepatannya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"