Jangan Over, Ini Durasi Waktu Olahraga Ideal yang Dibutuhkan Setiap Hari

Jangan Over, Ini Durasi Waktu Olahraga Ideal yang Dibutuhkan Setiap Hari

Banyak orang memimpikan punya badan sehat tapi selalu ada seribu alasan untuk bergerak. Padahal, punya waktu sedikit untuk olahraga selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Dan yang pasti kamu tidak perlu menghabiskan dua jam atau lebih untuk berolahraga. Sebab ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan berapa lama kamu harus berolahraga, pelatih bersertifikat Brooke Taylor membantu memahami berapa lama kamu harus berolahraga.

Setiap orang berbeda, jadi kamu harus tahu bahwa kebutuhan dan tujuan spesifik setiap orang belum tentu sama dengan rekomendasi di bawah ini.

"Rata-rata orang harus melakukan setidaknya tiga hingga lima latihan (masing-masing 30 hingga 60 menit) yang tersebar sepanjang minggu untuk kesehatan kardiovaskular, kekuatan otot, dan daya tahan sehingga mereka terus melihat hasilnya," kata Taylor, seperti dilansir dari laman Well and Good, Rabu (15/9/2021).

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat atau CDC juga menggemakan hal ini, merekomendasikan agar kebanyakan orang dewasa berolahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Itu dipecah menjadi sekitar 30 menit per hari selama 5 hari seminggu, atau satu jam olahraga selama dua hari seminggu, ditambah 30 menit di hari lain.

Ilustrasi Olahraga (detikHealth)

Selain itu, kamu juga harus memasukkan setidaknya dua hari latihan kekuatan (atau semua jenis latihan penguatan otot) dua hari per minggu, menurut Pedoman Aktivitas Fisik untuk Orang Amerika. CDC juga mengatakan bahwa memecah latihanmu ke peningkatan yang lebih kecil dari 30 menit pada suatu waktu benar-benar baik-baik saja; melainkan, ini semua tentang mencapai tujuan mingguan 150 menit itu, tidak peduli bagaimana kamu sampai di sana.

Pertimbangan lainnya adalah jenis olahraga yang dilakukan. Kamu tahu bahwa latihan HIIT yang berkeringat dan kelas yoga aliran Vinyasa yang cepat tidak berada dalam kategori yang sama. Dan CDC mengatakan jika kamu menggabungkan latihan yang lebih kuat atau intens (seperti berlari, misalnya) maka kamu hanya perlu 75 menit per minggu, daripada rekomendasi 150 menit untuk latihan intensitas sedang.

Ini berarti kamu pasti tidak perlu mendapatkan semua latihan dari melakukan latihan super intens seperti HIIT, misalnya. Latihan HIIT dirancang untuk menjadi intens untuk interval yang lebih pendek, yang memberimu banyak keuntungan.

"Latihan anaerobik dengan intensitas lebih tinggi di mana tubuh kamu bekerja pada 70 hingga 90 persen detak jantungmu akan lebih pendek. Mereka yang bersepeda melalui latihan intensitas rendah atau sedang akan lebih lama," kata Taylor.

Untuk mengetahui di mana latihanmu jatuh pada skala intensitas, kamu dapat memikirkan pernapasan (atau detak jantung, jika kamu melacaknya) dan apakah kamu dapat dengan mudah berbicara atau bercakap-cakap saat berolahraga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"