Jangan Khawatir! Lakukan Tips Ini Agar Tetap Bisa Olahraga Tanpa Takut Ganggu Kesuburan

Jangan Khawatir! Lakukan Tips Ini Agar Tetap Bisa Olahraga Tanpa Takut Ganggu Kesuburan

Olahraga  ternyata tidak hanya memberikan dampak positif untuk tubuh. Faktanya, terlalu banyak olahraga justru bisa menimbulkan efek negatif salah satunya menurunkan tingkat kesuburan . Dengan begitu, peluang untuk memiliki anak juga mengecil.

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa olahraga intensitas berat lebih dari satu jam sehari bisa menghambat terjadinya ovulasi, yakni proses pelepasan sel telur yang sudah matang dari indung telur menuju tuba falopi untuk dibuahi.

Normalnya, tubuh membutuhkan lemak dan energi untuk memproduksi hormon yang mengatur mekanisme ovulasi. Akan tetapi, kamu bisa kehilangan cadangan lemak dan energi jika olahraga terlalu berat dan berlebihan. Tubuh jadi tidak mampu menghasilkan hormon untuk ovulasi.

Foto: Ilustrasi Olahraga Pasangan (Kompas.com)

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Hal ini bukan berarti kamu menghindari olahraga atau tidak olahraga sama sekali. Olahraga juga tetap bermanfaat untuk tubuh kita salah satunya meningkatkan kesuburan kalau dilakukan dengan cara yang benar.

Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk tetap bisa olahraga tanpa takut menggangu kesuburan. Misalnya, kamu yang sudah punya berat badan yang ideal, disarankan untuk tidak olahraga lebih dari 4 jam dalam 1 minggu.

Kamu hanya diperbolehkan melakukan olahraga intensitas ringan yang tergolong santai dan tidak membebani kerja otot seperti yoga atau berjalan kaki. Sementara buat kamu yang memiliki berat badan berlebih, dianjurkan untuk olahraga setidaknya 5 jam per minggu.

Kamu pun disarankan untuk memilih olahraga dengan intensitas tingggi seperti senam aerobik, bersepeda, atau berenang, untuk membakar kalori lebih banyak. Tapi yang perlu diingat, kamu harus langsung mengurangi intensitas olahraga kalau sudah mencapai berat badan ideal.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"