Jangan Dianggap Sepele, 5 Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Punya Manfaat Setara Olahraga Loh!

Jangan Dianggap Sepele, 5 Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Punya Manfaat Setara Olahraga Loh!

Beberapa dari kamu mungkin terkadang merasa malas untuk melakukan pekerjaan rumah . Padahal, kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat. Selain membuat rumah tetap bersih, melakukan pekerjaan rumah juga bisa memberikan efek positif, salah satunya membakar kalori. Tidak main-main, kalori yang terbakar bahkan sama seperti berolahraga  ringan.

Sehingga, kamu tidak perlu menghabiskan waktu di luar rumah untuk jogging atau nge-gym hanya demi kalori terbakar. Dengan membersihkan rumah yang terlihat kotor juga memiliki manfaat yang hampir sama. Tanpa perlu berlama-lama, berikut pekerjaan rumah yang bisa membakar banyak kalori.

1.    Mengelap Perabotan Rumah

Mungkin kamu menganggap sepele tugas mengelap perabotan rumah. Kenyataannya, hanya dengan bermodalkan lap dan cairan pembersih untuk menghilangkan debu dan noda dari perabotan rumah, kamu sudah setara seperti olahraga loh! Secara tidak sadar, kamu akan membungkuk, jongkok dan berdiri. Sebenarnya, gerakan itu termasuk dalam bentuk olahraga kekuatan untuk paha, otot punggung, pergelangan kaki dan betis. Adapun, mengelap perabotan selama satu jam bisa membakar 170-238 kalori. Wow!

2.    Mencuci Piring

Foto: Pekerjaan Rumah (Halodoc)

Selain membuat piring kembali mengkilap, aktivitas mencuci piring juga bisa menyehatkan tubuh. Berbagai penelitian membuktikan bahwa mencuci piring bisa melepas hormon stres. Hal ini berarti, kamu akan lebih bahagia dan kesehatan mental kamu akan terjaga. Menggosok piring dari noda dan berdiri dalam waktu lama juga berdampak baik untuk otot lengan serta perut dan punggung. Adapun dengan rutin mencuci piring 15 menit setiap harinya, kamu bisa membakar kalori hingga 160 kalori.

3.    Nyapu Dan Ngepel

Nyapu dan ngepel juga bisa menjadi alternatif untuk tetap menjalankan aktivitas fisik. Sebab, menggerakan lengan secara terus menerus untuk menghilangkan debu, dapat membuat otot tangan dan kaki semakin kencang. Sementara itu, kalori yang berhasil dibakar sebanyak 80-100 hanya dengan menyapu dan mengepel selama setengah jam saja.

4.    Mencuci Baju



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"