Jadwal Turnamen Bulutangkis Januari 2023, Indonesia Jadi Tuan Rumah!

Jadwal Turnamen Bulutangkis Januari 2023, Indonesia Jadi Tuan Rumah!

Tahun baru adalah semangat baru. Termasuk beberapa turnamen bulutangkis dunia yang mulai Januari digulir dan sudah masuk dalam agenda BWF. Jadwal turnamen bulutangkis Januari 2023 tercatat ada beberapa kejuaraan yang digulirkan mulai dari Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters.

Sejumlah atlet bulutangkis dari negara-negara langganan turnamen seperti China, Korea Selatan, Indonesia, Denmark, dan Jepang bakal memberikan permainan terbaiknya di atas lapangan. Berikut dijelaskan sekilas tentang Malaysia Open, India Open, dan Indonesia Masters yang digelar pada bulan Januari 2023 ini.

Malaysia Open 2023

Malaysia Open adalah turnamen bulutangkis dunia yang digelar di tahun 2023 ini. Malaysia Open 2023 dilangsungkan di Axiata Arena, Kuala Lumpur pada 10-15 Januari 2023. Meski sudah selesai digelar, Malaysia Open tahun ini cukup unik karena semua gelar di lima nomor pertandingan diraih oleh pemain perangkat nomor satu dunia.

Sebut saja pemenang ganda campuran yang merupakan pasangan ganda campuran China yakni Zheng Si Wei dan Huang Ya Qiong yang berjaya usai mengalahkan pasangan asal Jepang, Yuta Watanabe dan Arisa Higashino. Juga di ganda putri ada Cheng Qing Chen dan Jia Yi Fan asal China yang juga bawa pulang gelar. 

Jika ganda campuran dan ganda putri dimenangkan oleh pemain China, untuk tunggal putri barulah pebulutangkis asal Jepang, Akane Yamaguchi yang mengalahkan pemain Korea Selatan, An Se Young. Untuk nomor tunggal putra, dimenangkan pebulutangkis asal Denmark, Viktor Axelsen setelah memukul Kodai Naraoka lewat dua set langsung. 

Bagaimana dengan Indonesia? Tentu pasangan ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto bisa menjadi juara dalam Malaysia Open 2023 lalu usai mengalahkan ganda putra Liang Wei dan Wang Chang asal China. 

Jadwal Turnamen Bulutangkis Januari 2023 (Kompas.com)

India Open 2023

Jadwal pertandingan bulutangkis Januari 2023 selanjutnya adalah India Open 2023. India Open 2023 digelar pada pertengahan bulan Januari yakni pada tanggal 17-22 Januari 2023. Pada India Open 2023, Indonesia menurunkan 15 wakilnya yakni 4 pemain tunggal putra, 1 pemain tunggal putri, 1 pasangan ganda putri, 5 pasangan ganda putra, dan 4 pasangan ganda campuran.

Untuk barisan tunggal putra, Indonesia masih diperkuat nama-nama yang selalu jadi langganan seperti Jonatan Christie dan  Anthony Sinisuka Ginting. Untuk ganda putra pasangan nomor satu dunia pemenang Malaysia Open 2023 kembali memperkuat tim yakni Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto.

Kemudian ganda putri hanya mengirimkan sepasang pemain yakni Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silvia. Memang setelah Greysia Polii pensiun pada 2021 silam, membuat kekuatan ganda putri Indonesia dianggap kurang menggigit.

Para pemain Indonesia dan dari negara lainnya akan berlaga sekuat tenaga selama India Open 2023 dilangsungkan di lapangan K.D. Jadhav Indoor Hall, New Delhi. Pihak penyelenggara sudah menyiapkan total hadiah sebesar 850.000 USD.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"