Ini Negara yang Jadi Juara Piala Asia Terbanyak

Ini Negara yang Jadi Juara Piala Asia Terbanyak

Piala Asia 2023 di Qatar berlangsung dengan seru. Ajang sepak bola terbesar di Asia ini sudah berlangsung sejak 1956 di Hong Kong kala itu sebagai tuan rumah. Juara Piala Asia terbanyak pun masih dipegang negara Jepang. Negara berjuluk ‘samurai biru’ ini sudah mengoleksi sebanyak empat gelar juara.

Empat gelar juara Piala Asia itu didapat Jepang pada perhelatan Piala Asia tahun 1992, 2000, 2004, dan 2011. Memang sudah 12 tahun atau tiga kali perhelatan Piala Asia, Jepang yang menjadi negara kuat di Asia absen gelar. Pada Piala Asia 2023 kali ini Jepang menjadi calon kuat menjadi juara Piala Asia yang kelima kalinya.

Namun peluang Jepang menjadi juara Piala Asia untuk yang kelima kalinya bakal mendapatkan ujian besar. Banyak negara-negara di Asia yang memiliki kekuatan sepak bola sejajar dengan Jepang, terutama negara-negara di Timur Tengah dan Asia Barat yang sepak bolanya sedang bangkit. Makanya Jepang sempat kalah dari Irak di fase grup dan bersusah payah mengalahkan Vietnam.

Juara Piala Asia (Suara.com)

Jika Jepang menjadi negara terbanyak jadi juara Piala Asia, siapa negara yang berada di peringkat kedua? Arab Saudi menjadi negara dengan koleksi tiga gelar juara pada tahun 1984,1988, dan 1996. Kemudian negara Iran memiliki koleksi gelar sama dengan Arab Saudi sebanyak tiga kali, tahun 1968,1972,1976.

Negara kuat di Asia lainnya yakni Korea Selatan juga pernah merasakan juara Piala Asia pada tahun 1956,1960. Sisanya negara-negara yang hanya sekali juara Piala Asia adalah Kuwait (1980), Australia (2015), Irak (2007), dan Qatar (2019). Lalu siapa yang bakal jadi juara Piala Asia 2023?

Selain Jepang yang menjadi calon juara, ada negara seperti Qatar, Arab Saudi, Korea Selatan, Iran, Irak, dan Australia yang disebut-sebut bakal menjadi juara. Sementara itu peluang Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand cukup kecil untuk bisa jadi juara.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"