Heboh Atlet Iran Dikabarkan Hilang Usai Setelah Lepas Hijab Saat Tanding Di Seoul, Ternyata Begini Faktanya

Heboh Atlet Iran Dikabarkan Hilang Usai Setelah Lepas Hijab Saat Tanding Di Seoul, Ternyata Begini Faktanya

Dunia olahraga sempat dikejutkan dengan kabar hilangnya atlet asal Iran bernama Elnaz Rekabi setelah bertanding di Kejuaraan Panjat Tebing Federasi Internasional yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan tanpa memakai jilbab dan memperlihatkan rambutnya yang dikuncir.

Rekabi diduga dipaksa meninggalkan Korea Selatan lebih awal dari jadwal oleh pejabat Iran. Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Iran sempat memerintahkan semua atlet wanita untuk berkompetisi dengan hijab meski tanding di luar negara. Oleh karena itu, keputusan Elnaz bisa dibilang cukup berani dan beresiko.

Sebenarnya, sikap Elnaz Rekabi melepas hijab dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap sesama wanita dan orang-orang di negaranya yang belakangan ramai menuntut keadilan atas kematian Mahsa Amini, wanita yang diduga meninggal setelah ditangkap polisi moral karena mengenakan kerudung dengan cara yang dianggap kurang pantas.

Meskipun belum sukses menjadi juara, aksi Elnaz tersebut sukses jadi perbincangan dunia. Tapi tidak lama setelah itu, Elnaz Rekabi dikabarkan menghilang. Keberadaannya tidak diketahui dan tidak bisa dihubungi. Dilansir BBC News, paspor bahkan ponselnya telah diambil. 

Momen Elnaz Rekabi Bertanding Tanpa Pakai Hijab (Ansar News)

Sebelumnya Elnaz dan tim dijadwalkan check out lebih awal dari hotel. Setelah itu, mereka akan untuk kembali ke Tehran tapi hilangnya Elnaz Rekabi membuat tim terpaksa harus mengubah jadwal. Ramai dugaan kalau Elnaz akan ditangkap begitu sampai di Iran.

Namun kemudian, kabar ini dibantah tegas oleh Teheran. Sampai akhirnya terungkap kalau Elnaz Rekabi terbang ke Teheran pada Rabu sebelum subuh. Di Teheran, dia ditunggu massa yang menyambut kepulangannya. Dalam video yang beredar, terlihat banyak orang bertepuk tangan dan menyebutnya pahlawan.

Tapi sayangnya, tidak diketahui kemana Elnaz Rekabi dibawa. Hingga Elnaz mengunggah video di Instagramnya berisi permintaan maaf karena sudah membuat orang khawatir. Dia juga menyebut tidak memakai jilbab saat bertanding karena jilbabnya tidak sengaja terlepas jelang pertandingan.

"Karena waktu yang tidak tepat, dan panggilan tak terduga saya harus memanjat tebing, jilbab saya tidak sengaja lepas," jelas Elnaz Rekabi yang dilansir dari BBC.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"