Hati-hati! 5 Bagian Tubuh Ini Paling Rentan Cedera Akibat Olahraga, Semoga Kamu Gak Mengalaminya

Hati-hati! 5 Bagian Tubuh Ini Paling Rentan Cedera Akibat Olahraga, Semoga Kamu Gak Mengalaminya

Cedera yang terjadi saat olahraga seakan tidak bisa dihindari walaupun sudah melakukan pencegahan. Bahkan atlet professional sekalipun, juga berpotensi besar untuk terjadinya cedera. Agar lebih waspada ketika olahraga, kamu perlu mengetahui bagian tubuh mana saja yang mudah mengalami cedera. Berikut ini, lima anggota tubuh yang rentan cedera saat olahraga? Berkut penjelasannya!  

1.    Pergelangan Kaki

Kasus pergelangan kaki yang terkilir atau keseleo tentu sudah sering terjadi saat olahraga. Biasanya, cedera ini diakibatkan lompatan, berlari, atau gerakan lainnya yang membuat seseorang bisa terinjak. Contohnya dalam olahraga basket, sepak bola atau voli. Walaupun olahraga paling sering memicu cedera, tapi keseleo juga mudah terjadi saat kamu berjalan. Salah satu yang menjadi penyebab seseorang mudah keseleo adalah otot yang lemah di sekitar pergelangan kaki.

2.    Betis

Foto: Ilustrasi Cedera Betis (Suara.com)

Betis juga termasuk salah satu anggota tubuh yang rentan cedera. Mungkin kamu pernah mengalami nyeri di betis saat berlari mengejar kereta atau saat diam tidak melakukan apapun. Hal ini bisa terjadi karena jaringan betis mengalami peradangan akibat robekan otot mikro. Penyebabnya bisa karena beberapa alasannya misalnya kondisi telapak kaki datar, sepatu yang tidak pas dengan tipe kaki, olahraga tanpa peregangan atau lemah otot di pergelangan kaki.

3.    Lutut

Ligamen merupakan suatu pita jaringan yang kuat, di mana menghubungkan antar tulang pada tubuh. Sementara pada lutut, ada salah satu ligamen yang rentan mengalami cedera yakni ligamen lutut bagian depan atau biasa disebut sebagai cedera ligamen lutut anterior. Umumnya, cedera ini disebabkan karena olahraga yang berhenti tiba-tiba atau perubahan arah mendadak, melompat, dan mendarat seperti pada olahraga basket, sepak bola, ski, atau saat menuruni lereng gunung.

4.    Paha Belakang



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"