Gak Cuma Atasi Nyeri Otot, Ini 5 Manfaat Yang Didapat Kalau Makan Semangka Saat Olahraga

Gak Cuma Atasi Nyeri Otot, Ini 5 Manfaat Yang Didapat Kalau Makan Semangka Saat Olahraga

Mungkin beberapa kamu belum mengetahui kalau semangka  merupakan salah satu makanan yang efektif untuk mengurangi pegal dan nyeri otot saat olahraga. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal Agricultural and Food Chemistry. Tapi selain itu, semangka ternyata juga memiliki segudang manfaat lainnya untuk kesehatan.

Diketahui, semangka merupakan buah-buahan yang punya kandungan air melimpah dan nutrisi seperti likopen, sitrulin, serta vitamin A dan C, yang baik untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat semangka yang dimakan saat olahraga? Scroll artikel ini sampai habis ya!

1.    Menambah Energi

Dalam segelas jus semangka mengandung setidaknya 22 gram karbohidrat sederhana. Karena kandungan itu, semangka membantu pemulihan setelah olahraga. Mekanisme kerjanya sendiri adalah dengan menggantikan kembali glikogen yang hilang. Glikogen ini nantinya digunakan tubuh sebagai energi.

2.    Rehidrasi

Foto: Ilustrasi Semangka (Suara.com)

Semangka memiliki kandungan air yang sangat tinggi yakni mencapai 92%. Hal ini yang membuat semangka sebagai makanan pelepas dahaga alami. Selain itu, semangka juga merupakan sumber natrium dan kalium yang baik. Di mana, kalium ini banyak hilang melalui keringat.

3.    Menstabilkan Tekanan Darah

Makan semangka setelah olahraga juga bermanfaat untuk tekanan darah. Sebuah penelitian membuktikan kalau semangka bisa menstabilkan tekanan darah saat istirahat usai olahraga. Kandungan L-sitrulin dan L-arginine dalam semangka ampuh meningkatkan fungsi arteri serta menurunkan tekanan darah.

4.    Menunjang Kesehatan



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"