Gak Boleh Terlalu Berat, Ini 4 Jenis Olahraga Yang Aman Dilakukan Setelah Melahirkan

Gak Boleh Terlalu Berat, Ini 4 Jenis Olahraga Yang Aman Dilakukan Setelah Melahirkan

Olahraga  setelah kehamilan  adalah salah satu hal terbaik yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri. Selain bisa menurunkan berat badan, olahraga juga bisa mengencangkan otot perut dan menambah energi sehingga memberi kekuatan untuk mengurus buah hati.

Tapi selain itu, olahraga juga bisa menghilangkan stress, mengurangi gejala depresi pasca persalinan dan meningkatkan kualitas tidur. Meski demikian, tidak semuanya olahraga bisa dilakukan oleh ibu setelah melahirkan. Ini karena wanita setelah melahirkan belum boleh melakukan aktivitas terlalu berat. Oleh karena itu, berikut 4 jenis olahraga yang aman untuk ibu setelah melahirkan.

1.    Latihan Otot Perut dan Punggung

Foto: Olahraga Pasca Melahirkan (SehatQ)

Latihan otot baik perut maupun punggung perlu dilakukan untuk membantu merelaksasi otot. Selain itu, latihan ini juga bisa menguatkan dan mengencangkan otot perut dan punggung. Cara melakukan latihan otot perut, kamu hanya perlu duduk tegak sambil menarik napas dalam-dalam. Lalu kontraksikan dan tahan perut saat menarik napas dan keluarkan udara yang dihirup dengan santai.

Sementara latihan otot punggung mirip seperti sit up namun dilakukan bertahap. Latihan ini juga membantu untuk membakar kalori. Untuk posisi awal, kamu perlu berbaring telentang di lantai dengan posisi lengan tepat di samping badan. Tekuk lutut, kemudian pastikan telapak kaki dan punggung rata dengan lantai.

Dalam posisi tersebut, tarik napas dan rilekskan perut. Saat mengeluarkan napas, angkat kepala dan leher secara perlahan. Turunkan kembali kepala ke lantai saat menarik napas. Jika berhasil melakukannya hingga 10 kali, kamu baru bisa melanjutkan dengan gerakan mengangkat bahu.

2.    Jalan kaki

Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan untuk mengembalikan kebugaran setelah melahirkan adalah jalan kaki. Mulai dengan berjalan santai sebelum menambah intensitas ataupun kecepatannya. Untuk mendapatkan manfaat tambahan, kamu bisa menambah beban dengan menggendong bayi sambil jalan kaki. Tapi yang harus diperhatikan, berjalan sambil menggendong bayi baru boleh dilakukan saat keseimbangan kamu sudah benar-benar pulih.

3.    Senam kegel



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"