FIFA Bakal Ubah Aturan Sepak Bola, Ini 5 Eksperimen Percobaan yang Dilakukan

FIFA Bakal Ubah Aturan Sepak Bola, Ini 5 Eksperimen Percobaan yang Dilakukan

FIFA sebagai organisasi sepak bola terbesar di dunia berencana untuk mengubah beberapa aturan dalam pertandingan. Rencananya aturan itu akan diuji coba dalam pertandingan kelompok usia remaja Future of Football Cup yang diikuti beberapa klub di Eropa.

Usai uji coba tersebut nantinya FIFA akan melakukan evaluasi dan mempertimbangkannya apakah aturan itu nantinya akan dilakukan atau tidak. Tentunya perlu pembicaraan matang sebelum memutuskannya.Beberapa aturan baru itu menyangkut elemen yang penting dalam pertandingan sepak bola.

1. Durasi Babak Pertandingan Diubah

Satu babak pertandingan seak bola terdiri dari 2 babak. Dalam satu babak selama ini diatur dalam waktu 45 menit. FIFA berencana mengubah lama waktu dari 45 menit menjadi 30 menit. Dalam waktu itu juga direncanakan akan ada sesi istirahat atau time out seperti dalam pertandingan bola basket.

Ilustrasi Pertandingan Sepak Bola(IDN Times)

2. Pergantian Pemain Tak Dibatasi

Selama ini pergantian pemain sepak bola diatur sebanyak 3 kali. FIFA berencana untuk membebaskan setiap tim melakukan bebas pergantian pemain. Selama pandemi COVID-19 satu tim bisa melakukan sebanyak 5 pergantian, misalnya dalam ajang EURO 2020 lalu.

3. Waktu Dihentikan Saat Bola Keluar

Aturan baru ini juga mirip dengan pertandingan bola basket. Saat bola keluar, waktu pertandingan sepak bola akan berhenti. Tentunya waktu 30 menit akan bersih dan dipakai selama bola berada dalam lapangan hijau.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"