Deretan Tugas Manajer Sepak Bola di Timnas dan Klub, Ternyata Gak Enteng

Deretan Tugas Manajer Sepak Bola di Timnas dan Klub, Ternyata Gak Enteng

Keberhasilan sebuah timnas atau klub sepak bola menjadi juara tak lepas dari peran manajer tim. Manajer sepak bola memang tidak berperan mengatur strategi di lapangan, tetapi tugas manajer sepak bola untuk timnas sebuah negara atau klub juga cukup berat. 

Secara garis besar peran manajer tim sepak bola adalah mengelola urusan teknik di luar lapangan misalnya soal administrasi dan membangun komunikasi antara pelatih dengan pemain dan sesama pemain. Ada yang menyebut manajer sepak bola harus punya kantong tebal karena urusan keuangan tim juga dibawah kendali sang manajer. Berikut beberapa rincian tugas manajer sepak bola.

Jembatan Komunikasi

Seperti sudah disebutkan sedikit tadi bahwa komunikasi sesama pemain dan ofisial sebuah tim dibawah kendali manajer. Jika di dalam tim terjadi perselisihan maka manajer harus turun tangan untuk selesaikan masalah tersebut. 

Seorang manajer juga bisa berkomunikasi dengan pihak luar terkait urusan dalam tim. Jika ada informasi yang berasal dari pihak luar maka manajer wajib memberitahukan kepada tim. Makanya manajer patut memiliki cara berkomunikasi yang baik dan benar.

Tugas Manajer Sepak Bola (Gora Juara)

Motivator Bagi Pemain

Tugas manajer sepak bola selanjutnya adalah menjadi  motivator dalam tim. Ada kalanya dalam pertandingan sebuah klub atau timnas mengalami kekalahan. Maka manajer harus menjadi orang pertama selain pelatih yang memberikan dukungan dan semangat kepada para pemain.

Begitu juga peran manajer sangat terlihat sebelum pertandingan sepak bola dimulai. Manajer memompa semangat para pemain supaya bisa maksimal bermain di atas lapangan. Dalam pertandingan pun dari pinggir lapangan, manajer bisa berikan semangat kepada pemain.

Mengawasi Kebutuhan Pemain

Pemain sepak bola di sebuah klub atau negara selalu memiliki kebutuhan yang banyak. Posisi manajer berusaha untuk memaksimalkan kebutuhan pemain. Makanya karena pemain jumlahnya banyak, diusahakan dalam sebuah klub atau timnas jangan memiliki manajer satu orang saja. Cobalah manajer memiliki asisten manajer yang bisa membantunya dalam bekerja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"