Daftar 5 Stadion Terbesar di Asia, dari Indonesia Masuk Loh

Daftar 5 Stadion Terbesar di Asia, dari Indonesia Masuk Loh

Banyak stadion sepak bola yang ada di benua Asia memiliki kapasitas atau daya tampung penonton yang sangat besar. Alhasil beberapa stadion terbesar di Asia itu menjadi kebanggaan bagi penduduk di negara tersebut. Stadion di negara mana saja yang masuk dalam kategori stadion terbesar di Asia? Apakah ada stadion di Indonesia?

Rungrado 1st of May Stadium (Korea Utara)

Lokasi stadion ini ada di ibu kota Korea Utara, Pyongyang. Kabarnya stadion ini memiliki kapasitas sekitar 150.000 penonton dan menjadi stadion terbesar di Asia. Pada tahun 1989, pemerintah Korea Utara mulai membangun stadion itu untuk menyambut Festival Pemuda dan Pelajar Dunia. 

Stadion ini juga berfungsi sebagai venue pertandingan olahraga seperti sepak bola, atletik, dan beberapa pertandingan lainnya. Uniknya dari nama stadion ini terinspirasi dari nama sebuah pulau di Korea Utara yakni Pulang Rungra. Sementara May Day terkait hari buruh internasional yang banyak dirayakan kaum komunis Korea Utara. 

Stadion Terbesar di Asia (YouTube)

Narendra Modi Stadium (India)

Stadion terbesar di Asia yang berada di urutan ke-2 adalah Narendra Modi Stadium. Narendra Modi Stadium berada di India. Meskipun sepak bola India tak populer di sana, namun stadion ini justru digunakan sebagai tempat pertandingan kriket yang menjadi olahraga paling terkenal dan digemar masyarakat India.

Kapasitas stadion ini sekitar Rp 132.000 kursi. Stadion ini memiliki nama yang sama dengan perdana menteri India, Narendra Modi. Hal itu sebagai bentuk penghormatan kepada sang perdana menteri. Stadion ini dimiliki oleh klub kriket Gujarat Cricket Associaton.

Bukit Jalil National Stadium (Malaysia)

Memiliki jumlah kursi penonton sebanyak 87.411 membuat Stadion Bukit Jalil ini berada di urutan ke-3. Bukit Jalil National Stadium berada di Kuala Lumpur dan sudah sering menjadi venue pertandingan sepak bola timnas Malaysia menghadapi negara-negara di kawasan Asia dan Asia Tenggara.

Stadion ini juga pernah menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan ajang olahraga SEA Games beberapa tahun yang lalu. Setiap timnas Indonesia bertandang ke Malaysia, banyak suporter Indonesia di Malaysia memenuhi stadion ini untuk mendukung timnas Indonesia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"