Memilih sadel untuk bersepeda sebaiknya jangan ngasal, agar kegiatan bersepeda kalian bisa asik dan maksimal.

Sadel merupakan salah satu komponen terpenting dari sepeda. Karena sadel menjamin kenyamanan seseorang ketika berkendara. Tempat duduk di sepeda ini berfungsi untuk menopang badan selama kalian berkendara. 

Sadel sepeda saat ini juga tersedia banyak jenis dan merek. Karena itu memilih sadel yang cocok untuk kalian saat ini menjadi prioritas. Memilih sadel membutuhkan kecermatan dan waktu yang tak sedikit. Biasanya mereka kerap bergonta-ganti sadel hingga mendapatkan sadel yang tepat dan nyaman saat digunakan. 

Nah, agar kalian tidak memakan waktu yang lama dan biaya yang tidak sedikit untuk bergonta-ganti maka simak tips dan cara memilih sadel sepeda yang tepat di bawah ini. 

Luas Penampang Sadel

Luas Penampang Sadel hsgautama.blogspot.com

Sadel memiliki ukuran luas penampang yang berbeda-beda. Begitu juga dengan lebar bokong setiap orang. Untuk itu pilihlah sadel yang bisa menopang bokong secara keseluruhan. Sadel seperti ini akan memberikan kenyamanan terutama ketika bersepeda jarak jauh.

Tetapi sadel juga tidak boleh terlalu lebar. Sadel yang nyaman digunakan adalah sadel yang tidak menganggu bagian pangkal paha belakang saat mengayuh pedal sepeda.

Material Pembungkus Sadel

Material Pembungkus Sadel gowesforhealth.blogspot.com

Material pembungkus sadel juga berperan penting dalam kenyamanan bersepeda. Material yang digunakan antara lain sintetik dan kulit asli. Apapun itu pilih material yang cepat kering saat terkena keringat.

Perhatikan dengan cermat juga bagian jahitannya. Pastikan jahitan pada pembungkus sadel tersebut rapi, kuat dan rapat. Hal ini penting untuk sadel sepeda jenis MTB yang biasa digunakan untuk medan-medan berat. Sepeda MTB rawan mengalami benturan sehingga pembungkus sadel harus benar-benar kuat.

Padding

Padding rodalink.com

Sama seperti pembungkus sadel, padding juga memiliki beragam material yang digunakan. Contohnya dari material gel, plastik lunak, foam, serat karbon, udara, dan polyurethane foam yang dicampur dengan gel polymer. 

Kesalahan pertama dari memilih padding ini adalah banyak pengguna sepeda yang memilih padding yang empuk. Padahal tingkat keempukan padding seharusnya disesuaikan dengan postur tubuh. Padding sadel yang terlampau empuk justru bisa menimbulkan rasa sakit dan panas. Untuk itu, pastikan tingkat keempukan padding sadel dengan cara mencoba sadel terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Penggunaan jarak dekat dan jarak jauh

Penggunaan jarak dekat dan jarak jauh sepedadunia.blogspot.com

Desain sadel juga disesuaikan dengan jarak penggunanan. Ada beberapa jenis sadel yang nyaman digunakan untuk jarak dekat namun tidak cocok dipakai untuk bersepeda jarak jauh. Misalnya saja sadel sengan padding yang cukup keras, model ini bisa membuat bokong sedikit kaku.

Selain itu perhatiakan juga keberadaan V channel. V channel merupakan bagian yang terdapat pada sadel yang dirancang untuk mencegah kesemutan pada area sensitif ketika pesepeda menempuh jarak yang jauh.

Inilah beberapa tips cara memilih sadel sepeda yang tepat untuk kalian. Kunci utama dalam memilih sadel untuk sepeda adalah kenyamanannya dan bukan harga, merek ataupun tampilannya. Usahakan toko tempat membeli memperbolehkan kalian untuk mencoba sadel tersebut. Semoga cara ini kalian bisa mendapatkan sadel yang nyaman untuk digunakan.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations