Canggih Bener! Ragam Fasilitas Stadion Manahan Solo Tempat Final Piala Dunia U-17

Canggih Bener! Ragam Fasilitas Stadion Manahan Solo Tempat Final Piala Dunia U-17

Stadion Manahan Solo menjadi tempat berlangsungnya final Piala Dunia U-17 antara Jerman lawan Prancis pada Sabtu 2 Desember 2023. Sebelum menggelar pertandingan final, sebenarnya stadion di Jawa Tengah ini sempat jadi tempat pertandingan babak penyisihan hingga semifinal.

Sejak lama Stadion Manahan Solo memang dipersiapkan menggelar Final Piala Dunia U-17.Stadion yang menjadi markas tim Persis Solo ini merupakan satu dari beberapa stadion di Indonesia yang berkelas internasional. Apa saja fasilitas canggih yang dimiliki stadion berkapasitas 20.003 penonton ini?

Jenis Rumput

Rumput stadion ini menjadi yang terbaik di Indonesia. Rumput hijau stadion sempat menjalani renovasi besar-besaran. Rumput stadion menggunakan jenis rumput Dactylon Cynodon atau disebut rumput Bermuda. Rumput ini sengaja didatangkan dari Batam untuk ditanam di Manahan.

Stadion Manahan Solo Tempat Final Piala Dunia U-17 (Detikcom)

Ruang Ganti

Banyak stadion di Indonesia memiliki ruang ganti pemain yang standar tetapi beda dengan Stadion Manahan Solo. Di ruang ganti pemain memiliki fasilitas seperti kolam berendam air panas atau jacuzzi. Selain jacuzzi di beberapa bagian ruangan terdapat wallpaper motif dari batik khas Solo.

Dengan adanya jacuzzi di tiap ruang ganti pemain akan membuat pemain dan ofisial tim menjadi rileks setelah menjalani pertandingan. Kamar mandi di ruang ganti pemain juga lengkap dengan shower dan kebersihannya selalu terjaga.

Kursi Penonton

Tak hanya pemain yang dimanjakan dengan fasilitas stadion, para penonton juga kok. Kursi di stadion berganti model menjadi single sheet sesuai standari FIFA. Kursi stadion juga memiliki motif batik kawung dengan corak warna kuning, biru, dan merah.  Kursi penonton terdiri dari 18.679 kursi regular, 99 kursi penonton disabilitas, 380 kursi VIP dan VVIP.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"