Bisa Bikin Darah Tinggi Naik, Ini Jenis Olahraga Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi, Jangan Sampai Salah Ya!

Bisa Bikin Darah Tinggi Naik, Ini Jenis Olahraga Yang Harus Dihindari Penderita Hipertensi, Jangan Sampai Salah Ya!

Rutin olahraga diketahui memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh kita, salah satunya menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, tidak semua jenis olahraga aman loh untuk dilakukan oleh para penderita tekanan darah tinggi.

Ada sebagian latihan fisik yang bisa meningkatkan tekanan darah meskipun dilakukan dalam jangka waktu yang pendek, misalnya seperti lari cepat atau angkat beban. Kedua olahraga itu bisa berbahaya bagi penderita tekanan darah tinggi walaupun dilakukan dalam waktu singkat.

Foto: olahraga (Merdeka.com)

"Olahraga ini meningkatkan tekanan darah Anda dengan cepat dan terlalu membebani jantung serta pembuluh darah," begitu yang dilansir dari Blood Pressure UK.

Selain itu, ada beberapa olahraga ekstrem lainnya yang bisa membuat tekanan darah tidak terkendali seperti scuba diving atau terjun payung. Sehingga, untuk kamu yang ingin melakukan olahraga-olahraga ekstrem tersebut harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Meski begitu, ada olahraga yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah diantaranya senam aerobik, bersepeda, jalan cepat, berenang, menari, berkebun, tenis dan jogging. Diketahui, aerobik membuat jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otot bekerja lebih baik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"