Depresi itu nggak enak loh gengs. Daripada kalian depresi, coba deh 3 olahraga ini. Ampuh banget!

Depresi bisa datang kapan aja. Dia nggak minta dijemput dan nggak minta diantar juga. Sama kayak jelangkung, depresi tuh bahaya loh gengs.

Saat depresi melanda, kita bakal males deh bangun dari tempat tidur, apalagi olahraga. Padahal, Hayley Jarvis, seorang kepala aktivitas fisik di organisasi amal Mind mengatakan bahwa olahraga tuh membantu kita melepaskan hormon endorfin atau hormon bahagia yang bisa membantu mengurangi perasaan negatif dan memperbaiki mood.

Nah, olahraga juga membantu kita mengurangi pikiran-pikiran yang memicu depresi. Kalau tubuh capek, pikiran juga ikut capek kan tuh. Itulah yang membuat kita jadi lebih tenang dan bisa berpikir dengan jernih.

Biar kalian nggak depresi, sebenarnya kalian bisa loh coba 3 olahraga ini. Dikutip dari Kompas.com, simak yuk apa aja olahraganya.

1. Jalan ke luar rumah

1. Jalan ke luar rumah Coba deh jalan-jalan ke luar rumah (unsplash.com)

Orang-orang berpikir bahwa olahraga berarti melakukan aktivitas fisik yang berat. Padahal, olahraga tuh bisa dilakukan di mana aja kan?

Marvin Burton, kepala pusat kebugaran Anytime Fitness di Inggris merekomendasikan olahraga dalam bentuk yang lebih ringan. Misalnya, jalan kaki. Kata Marvin, ini efektif lho buat menangkal depresi.

Jalan-jalan ke luar rumah misalnya, itu juga bisa menjernihkan pikiran. Dengan begitu, kita bisa akan mendapat kesehatan fisik dan mental yang lebih baik.

Menurut Jarvis (*bukan Javis-nya Iron Man loh), riset ilmiah menyebutkan bahwa olahraga luar ruangan bisa lebih efektif sebagai obat antidepresan, terutama bagi depresi tingkat ringan hingga menengah.

2. Lari

2. Lari Kalu nggak, sesekali lari-lari juga asik (shutterstock.com)

Lari adalah jenis olahraga yang bikin kita lebih bugar. Jarvis menganjurkan kita semua untuk berlari, apalagi bagi penderita depresi.

Kita bisa melihat peningkatan kemampuan kita dengan berlari. Menurut Marvin, lari juga bisa jadi olahraga yang tepat untuk "kabur" dari rutinitas harian dan bikin kita jadi lebih fokus gengs.

Kalau badan bugar, segar, kita bisa meraih berbagai target-target personal kita. Toh, lari juga gampang kan, olahraga yang paling simpel lah pokoknya. Coba deh!



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations