Benarkah Semangka Bisa Jadi Obat Nyeri Otot Sehabis Olahraga? Ternyata Begini Penelitiannya

Benarkah Semangka Bisa Jadi Obat Nyeri Otot Sehabis Olahraga? Ternyata Begini Penelitiannya

Nyeri otot  biasa dialami setelah olahraga . Apalagi kalau kamu sudah vakum sekian lama, maka sering merasakan pegal dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Kondisi ini sebenarnya normal. Hal ini terjadi karena jaringan otot teregang melebihi biasanya. Rasa pegal ini tentu menimbulkan rasa tidak nyaman.

Sehingga, kita akan melakukan usaha untuk mengobatinya misalnya dengan melakukan olahraga ringan ataupun melakukan pijatan. Tapi seiring dengan ini, beredar kabar yang mengatakan kalau semangka  bisa menjadi obat nyeri otot yang efektif. Benarkah demikian? Berikut penjelasannya.

Foto: Semangka (Bola.com)

Pada umumnya, atlet akan mengonsumsi suplemen sitrulin untuk memperlancar aliran darah ke jaringan dan otot sehingga mempercepat pemullihan otot. Sitrulin ini pun berguna untuk mengurangi penumpukan asam laktat yang membuat otot terasa pegal setelah berolahraga.

Rupanya, kandungan asam amino L-sitrulin ini ditemukan pada buah semangka. Segelas jus semangka mengandung setidaknya 600 mg sitrulin, yang cukup untuk memberikan efek baik pada tubuh terlebih setelah melakukan olahraga.

Dikutip dari Kompas.com, sebuah studi yang dipublikasi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan cara efektif untuk membantu mengurangi pegal dan nyeri otot yakni dengan meminum jus semangka. Penelitian ini sendiri melibatkan tujuh peserta pria.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"