Benarkah Olahraga Bisa Mencegah Penuaan Dini? Terungkap Faktanya Lewat Penelitian Ini

Benarkah Olahraga Bisa Mencegah Penuaan Dini? Terungkap Faktanya Lewat Penelitian Ini

Seperti yang diketahui, olahraga  memiliki berbagai manfaat. Tidak hanya bagi kesehatan tubuh misalnya mencegah kondisi umum seperti penyakit jantung, stroke hingga diabetes, tapi rutin olahraga juga disebut-sebut juga efektif mencegah penuaan dini . Lantas benarkah demikian?

Dikutip dari laman Hello Sehat, sekelompok peneliti dari McMaster University Kanada pernah menguji tentang apakah olahraga bisa menghambat proses penuaan. Sebelumnya, mereka mempersiapkan tikus yang sudah direkayasa agar lebih cepat tua.

Foto: Ilustrasi Olahraga (Diadona)

Tikus-tikus itu kemudian diberikan latihan treadmill secara rutin selama beberapa bulan. Hasilnya, tikus-tikus tersebut ternyata tetap muda sebagaimana tikus normal dan tidak direkayasa. Jadi, disimpulkan kalau olahraga efektif mencegah penuaan dini.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa olahraga juga mencegah penuaan dini pada hampir semua organ tubuh tikus yang diuji. Dalam beberapa kasus, organ tubuh bahkan menjadi lebih baik dengan rutin olahraga.

Secara keseluruhan, penelitian mencatat bahwa latihan dan olahraga rutin dapat memberikan perlindungan yang sangat baik terhadap semua otot dan pengerutan otak (atrofi otak), bahkan mencegah rambut beruban.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"