Benarkah Langsung Mandi Setelah Olahraga Bisa Menyebabkan Serangan Jantung? Ternyata Begini Faktanya!

Benarkah Langsung Mandi Setelah Olahraga Bisa Menyebabkan Serangan Jantung? Ternyata Begini Faktanya!

Selesai olahraga , tubuh jadi berkeringat, bau dan terasa lengket. Oleh karena itu, kebanyakan orang langsung bergegas untuk mandi . Namun tahukah kamu ada mitos yang mengatakan kalau langsung mandi setelah olahraga bisa memicu risiko serangan jantung . Ternyata jawabannya adalah benar.

Dikutip dari Hello Sehat, mandi setelah olahraga memang bisa membantu meringankan nyeri otot maupun sendiri. Selain itu, mandi juga menghilangkan bakteri yang ada di kulit kita. Namun tidak boleh terburu-buru untuk langsung mandi begitu selesai olahraga.

Foto: Mandi Setelah Olahraga ( Merdeka.com)

Pasalnya, hal ini bisa menimbulkan masalah kesehatan yang lebih fatal. Di mana, ketika olahraga jantung akan berdetak lebih cepat dan memompa darah yang kaya oksigen lebih banyak dari biasanya menuju otot-otot yang aktif. Selain itu, olahraga juga membuat suhu tubuh meningkat.

Sehingga, kamu akan mengeluarkan banyak keringat sebagai cara tubuh untuk mengembalikan suhu kembali menjadi normal. Jika kondisi tubuh yang masih panas ini langsung disiram dengan air dingin, maka yang terjadi pembuluh darah akan melebar.

Kondisi ini bakal membuat tubuh kamu rentan terhadap penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung. Selain itu, langsung mandi setelah olahraga juga bisa membuat fungsi kelenjar keringat kamu terganggu.

Saat olahraga, pori-pori kulit akan terbuka dan mengeluarkan keringat sampai suhu tubuh kembali normal. Bila kamu mandi akan membuat kulit dingin secara tiba-tiba. Oleh karena itu, fungsi kelenjar keringat akan terganggu dan menyebabkan kinerjanya menjadi menurun. Sehingga, pengeluaran panas tubuh jadi terhambat.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"