Benarkah Kopi Bisa Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga? Gini Penjelasannya Menurut Penelitian

Benarkah Kopi Bisa Mengatasi Nyeri Setelah Olahraga? Gini Penjelasannya Menurut Penelitian

Nyeri otot  kerap terjadi setelah berolahraga . Biasanya, rasa nyeri muncul karena seseorang mulai jenis olahraga baru, mengubah gaya olahraga ataupun menambah durasi serta intensitas olahraga. Beredar kabar yang mengatakan kalau nyeri otot bisa diatasi dengan minum kopi . Benarkah demikian?

Dikutip dari KlikDokter, rasa nyeri dan kaku ini timbul karena ada kerusakan mikroskopis di serat otot yang bekerja lebih berat dibandingkan biasanya. Terkait efek kopi untuk meringankan nyeri otot, University of Illinois, Amerika Serikat pernah melakukan penelitian tentang ini.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism pada April 2009, mereka meneliti 25 laki-laki usia muda yang diantaranya terbiasa mengonsumsi kafein dan sebagian peserta merupakan kelompok yang tidak biasa minum kafein.

Foto: Kopi - Olahraga (SehatQ)

Dua kelompok itu kemudian diberikan pil berisi kafein yang setara dengan 2,5 hingga 3 gelas kopi atau diberikan pil kosong yang tidak berisikan bahan aktif apapun sejam sebelum berolahraga. Pemberian pil ini diberikan secara acak.

Setelahnya, semua partisipan diminta untuk melakukan dua kali olahraga intensitas tinggi selama 30 menit dengan selang waktu satu minggu. Ternyata hasilnya, kelompok yang konsumsi kafein merasakan nyeri otot dengan intensitas yang lebih ringan dibandingkan kelompok yang mengonsumsi pil kosong.

Jadi disimpulkan, kafein pada kopi dapat membantu meringankan keluhan nyeri otot setelah berolahraga pada kelompok pria muda, baik yang biasa mengonsumsi kafein maupun yang tidak terbiasa mengonsumsi kafein.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"