Benarkah Badan Sakit Setelah Olahraga Buktikan Efek Olahraga Makin Ampuh? Gini Penjelasannya!

Benarkah Badan Sakit Setelah Olahraga Buktikan Efek Olahraga Makin Ampuh? Gini Penjelasannya!

Beberapa dari kamu mungkin pernah merasakan nyeri  dan pegal di sekujur tubuh setelah olahraga . Badan sakit saat bangun tidur memang bisa jadi salah satu efek dari program latihan yang dijalani. Tapi apakah hal ini wajar dirasakan dan apakah itu menandakan kalau efek olahraga semakin ampuh pada tubuh?

Dikutip dari HelloSehat, saat melakukan olahraga baru atau gerakan otot yang jarang dilakukan, maka sel-sel otot di bagian tubuh yang digunakan akan mengalami kerusakan. Hal ini yang disebut dengan DOMS atau Delayed Onset Muscle Sense.

Kondisi tersebut dianggap normal. Tidak hanya atlet profesional, semua orang juga bisa merasakannya. Kerusakan jaringan otot inilah yang menimbulkan rasa nyeri. Ini juga menjadi pertanda kalau otot mulai beradaptasi menerima tekanan selama latihan.

Foto: Ilustrasi Nyeri Setelah Olahraga (HelloSehat)

Biasanya, DOMS dimulai 6-8 jam setelah melakukan aktivitas baru atau setelah mengubah aktivitas tertentu. Rasa nyeri itu pun akan bertahan selama 24 jam sampai 48 jam ke depan. Jadi tidak heran kalau kamu baru merasakan sakit keesokan harinya setelah olahraga.

Sementara itu, badan sakit setelah olahraga tidak selalu jadi pertanda baik. Memang pasti kamu menilai, semakin banyak bagian tubuh yang sakit bisa jadi pertanda kalau makin banyak otot baru yang kamu libatkan untuk beradaptasi terhadap sebuah gerakan latihan.

Akan tetapi, kondisi ini juga bisa disebabkan karena latihan yang berlebihan. Olahraga yang terlalu berlebihan bisa membuat tubuh merasakan pegal dan nyeri yang luar biasa. Tidak hanya itu, rasa nyeri yang muncul bisa disebabkan karena cedera otot saat salah melakukan gerakan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"