Begini Sejarah Piala Dunia U-17, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Begini Sejarah Piala Dunia U-17, Indonesia Jadi Tuan Rumah

Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Turnamen sepak bola internasional itu bakal digelar pada 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. Perhelatan Piala Dunia U-17 di Indonesia adalah edisi yang ke-19 dilakukan FIFA. Begini sejarah Piala Dunia U-17.

Piala Dunia U-17 pertama kali digelar pada tahun 1991. Ternyata FIFA mendapat inspirasi untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-17 setelah melihat turnamen sepak bola khusus anak-anak muda U-17 di Singapura. Turnamen itu bernama Lion City Cup  dimana kejuaraan itu hanya bisa diikuti oleh pemain berusia di bawah 17 tahun dengan melibatkan dua tim Singapura dan Malaysia saja.

Ternyata banyak bibit-bibit muda pemain sepak bola di Singapura dan Malaysia yang sukses setelah ikut turnamen itu. FIFA pun tertarik untuk menyelenggarakan turnamen mirip dengan Lion City Klub. Kala itu di tahun 1982 Seph Blatter yang masih jadi Sekjen FIFA memberikan usul kepada Komite Teknis FIFA untuk mengadakan turnamen itu.

Sejarah Piala Dunia U-17 (Bola.net)

Seph Blatter saat itu menegaskan bahwa turnamen yang diikuti pemain muda bisa membuat regenerasi pemain-pemain sepak bola, makanya akhirnya Piala Dunia U-17 tercetus untuk digelar. Namun awalnya bukan Piala Dunia U-17 melainkan Piala Dunia U-16 lebih dulu.

Tahun 1985 FIFA menyelenggarakan Piala Dunia U-16 di Tiongkok atau China. Nigeria menjadi juara Piala Dunia U-16 pertama dengan keikutsertaan 16 negara. Akhirnya pada tahun 1991 FIFA mengubah skema turnamen itu dengan menjadi Piala Dunia U-17. Jumlah negara peserta ditambah dari 16 negara menjadi 24 negara.

Sejak digelar pertama kali, Nigeria menjadi negara pemilik koleksi piala Piala Dunia U-17 terbanyak dengan lima kali menjadi juara.  Kemudian ada Brasil dan Ghana yang berada di peringkat kedua dan ketiga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"