Apakah Gulat Pro Layaknya WWE Itu Settingan? Ini 6 Faktanya

Apakah Gulat Pro Layaknya WWE Itu Settingan? Ini 6 Faktanya

Mungkin kamu pernah bertanya, apakah pertandingan gulat pro seperti (WWE World Wrestling Entertainment) itu settingan atau bukan sih? Singkatnya sih iya. FYI aja nih ya, aksi gulat pro seperti WWE, AEW, NJPW itu settingan, lho gens. 

Meskipun begitu, tetap jangan remehkan para pegulatnya, ya. Risiko cedera dari gulat tetap jadi ancaman serius diprofesi ini.

Mau tau ada fakta apa saja di balik pertandingan gulat? Yuk kepoin bareng ulasannya di bawah ini.

1. Promo dan pertandingan gulat pro itu sudah diatur sebelumnya

Sudah bukan rahasia lagi kalau memang pertandingan gulat pro itu sudah diatur sebelumnya. 

Di balik panggung ada tim make up, ada tim pakaian, bahkan sampai ada tim yang bertugas menulis cerita dan dialog para pegulat.

Di WWE modern, terutama, kebanyakan pegulatnya bahkan tidak memiliki kebebasan dalam menyampaikan pendapatnya. Setiap mereka adu mulut di ring, dialog mereka sudah diatur oleh tim penulis naskah. 

Ilustrasi Gulat (Liputan6.com)

2. Agar kelihatan bagus dan mengurangi risiko, para pegulat pro harus kerja sama

Gerakan-gerakan pegulat pro seperti German Suplex, Chokeslam, dan Tombstone Piledriver mungkin terlihat sakit dan mematikan. Sebenarnya, kalau memang kamu meluncurkan teknik ini di pertarungan beneran, musuh kamu memang bisa terluka parah. 

Karenanya, untuk meluncurkan teknik-teknik gulat pro ini, kedua pegulat sebenarnya saling bekerja sama. Seorang pegulat mengangkat musuhnya? Justru musuhnya ini ikutan lompat biar gerakannya terlihat lebih impresif. Ada pegulat yang lompat dari sudut ring ke luar arena? Kalau kamu lihat baik-baik, korbannya biasanya malah membantu menangkap si pegulat. 

Bahkan kalau seorang pegulat tidak kooperatif, musuhnya bisa saja menghajarnya beneran karena kesal. 

3. Tapi ada pegulat yang beneran melakukan serangan menyakitkan, meski masih dalam skenario

Saat seorang pegulat meluncurkan pukulan, kamu mungkin bisa melihat serangan-serangan itu tidak benar-benar kena. Tapi ada juga pegulat-pegulat yang beneran keras dalam meluncurkan serangan. 

Salah satu contoh pegulat seperti ini adalah Katsuyori Shibata dari Jepang. Shibata pernah benar-benar menanduk musuh-musuhnya. Tendangan-tendangannya pun sering kali beneran kena target. 

Masalahnya, aksi seperti ini tentu saja bisa mengakibatkan masalah kesehatan sungguhan. Setelah menanduk Kazuchika Okada di tahun 2017, malah Shibata yang mengalami perdarahan subdural. Setelah kejadian itu, Shibata bahkan dikhawatirkan tidak akan bisa bergulat penuh lagi. 

Selain keanehan seperti Shibata, memang ada beberapa teknik gulat pro yang mengenai targetnya. Seperti pukulan chop. Kalau Ric Flair menghajar chop, kamu mungkin dapat mendengar suara menyakitkan dan melihat dada musuhnya menjadi merah. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"