Amankah Minum Kopi Sebelum Mulai Olahraga? Begini Faktanya Menurut Ahli

Amankah Minum Kopi Sebelum Mulai Olahraga? Begini Faktanya Menurut Ahli

Kopi  banyak dikonsumsi dengan tujuan mendapatkan stamina. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang menganggap minum kopi sebelum olahraga  bisa meningkatkan performa. Kopi juga dipercaya ampuh untuk mendongkrak semangat olahraga. Benarkah demikian?

Selain rasanya yang nikmat dan khas, kopi juga mengandung sejumlah manfaat untuk tubuh. Sebenarnya konsumsi kopi sebelum olahraga memang sudah pernah diuji melalui penelitian, salah satunya dimuat dalam jurnal Sports Medicine di tahun 2014.

Foto: Ilustrasi Kopi (Republika)

Dikutip dari laman KlikDokter, penelitian tersebut menyebutkan bahwa kafein dalam dosis rendah merupakan suatu suplemen yang dapat meningkatkan mood, stamina, dan semangat tubuh dalam berolahraga. Kopi juga tidak memberikan efek samping.

Namun, takaran kopi yang dapat ditoleransi tubuh dengan baik selama olahraga yakni sekitar 200 mg kafein, atau setara dengan 1 sampai 2 cangkir kopi. Selain itu, jurnal PLOS ONE yang diterbitkan tahun 2013, juga menemukan bahwa minum kopi sebelum olahraga bisa meningkatkan performa dalam melakukan berbagai aktivitas olahraga.

Meski begitu, dr. Jessica Florencia menyarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman sehat dan rendah gula sebelum olahraga agar bisa memberikan manfaat yang optimal. Terlebih, hal itu tetap aman untuk tubuh yang akan olahraga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"