Alasan Formula E Batal Digelar di Jakarta Tahun 2024

Alasan Formula E Batal Digelar di Jakarta Tahun 2024

Ajang balap mobil listrik Formula E rencananya akan kembali digelar di Jakarta pada tahun 2024 mendatang. Namun Jakarta sebagai tuan rumah balapan Formula E tahun depan dipastikan batal digelar. Pihak Formula E sudah memberikan keterangan resminya terkait alasan pembatalan tersebut.

Tadinya Formula E di Jakarta akan berlangsung pada 8 Juni 2024. Namun kondisi tersebut bersamaan dengan kegiatan politik di Indonesia dalam rangka kampanye pemilihan presiden dan wakil presiden putaran kedua. 

“Acara yang direncanakan di Jakarta pada hari Sabtu 8 Juni tidak akan berlangsung menyusul pengumuman masa kampanye pemilihan presiden Indonesia yang kebanyakan berlangsung pada bulan Juni. Hal ini berdampak pada logistik untuk menyelenggarakan balapan di jalanan ibu kota pada waktu yang sama,” tulis keterangan resmi dari pihak Formula E.

Formula E Batal Digelar di Jakarta Tahun 2024 (Kompas.com)

Meskipun Jakarta kemungkinan besar batal menggelar Formula E pada 8 Juni 2024 tetapi ada peluang kota ini akan menjadi gelaran Formula E pada tanggal yang lain selain 8 Juni 2024.  “Formula E dan pihak berwenang di Jakarta sedang menjajaki kemungkinan untuk mengadakan balapan di kota ini pada tanggal alternatif,” tambah keterangan tersebut.

Melansir dari akun Instagram @fiaformula sudah resmi dirilis kota-kota yang akan menjadi tuan rumah Formula E tahun 2024 dan jelas tidak ada nama Jakarta. Pada balapan pertama akan digelar di Mexico City pada tanggal 13 Januari 2024 dan ditutup di London pada tanggal 21 Juli 2024. Pada tahun 2024 Formula E untuk pertama kali akan menyambangi Tokyo, Jepang. 

Formula E di Jakarta pertama kali digelar pada tahun 2022. Formula E selalu diselenggarakan di Sirkuit Jakarta E-Prix Ancol, Jakarta Utara. Sirkuit ini didesain mirip sirkuit jalan raya yang lebih dulu populer di ajang balap Formula 1. Jalanan sirkuit memanfaatkan jalanan yang memang sudah ada.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"