9 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Mengikuti Event Lari Maraton

9 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Mengikuti Event Lari Maraton

Saat mempersiapkan diri untuk lari maraton, kamu perlu tahu bahwa banyak yang harus dikorbankan demi perasaan gembira melewati garis finis.

Selain itu, ketahuilah bahwa merasa gugup sebelum event adalah hal yang normal. Itulah mengapa latihan sangat penting untuk membangun rasa percaya diri dan memastikan kamu siap sebelum hari H.

Potret Febby Rastanti berhasil lari maraton di Amerika Serikat (kapanlagi.com)

Berikut beberapa tips untuk membuatmu lebih siap mengikuti lari maraton penuh. Demi kesuksesan dan keselamatanmu selama race.

1. Tetap berpegang pada rencana awal dan jangan mencoba sesuatu yang baru

Salah satu hal terpenting untuk diingat adalah bersantai dan berpegang pada apa yang kamu ketahui. Mencoba sesuatu yang baru sebelum jangka panjang bukanlah ide yang baik karena kamu tidak tahu bagaimana reaksi tubuhmu.

Misalnya mulai dari pakaian yang kamu pilih hingga kecepatan lari pilihanmu. Ddatanglah ke hari perlombaan dengan persiapan mental untuk tetap berpegang pada apa yang sudah kamu ketahui.

2. Uji semuanya

Jika kamu ingin menggunakan gel, paket hidrasi, sepatu atau sisipan pada hari perlombaan, pastikan untuk mengujinya jauh sebelum perlombaan. Dengan cara ini kamu akan mengetahui bagaimana respons tubuhmu, dan tidak akan mengalami kejutan apa pun.

3. Mulailah mengurangi kecepatan lari 

Para ahli menyarankan untuk mengurangi latihan sekitar tiga minggu sebelum maraton. Jika kamu mengikuti jadwal lari, kamu akan sering dipandu hingga hari perlombaan. Kadang-kadang kamu mungkin keluar untuk jogging ringan, tetapi satu hal yang pasti, kamu tentu tidak ingin kelelahan sebelum lomba dimulai.

4. Makan makanan yang benar

Kamu sebaiknya makan makanan bergizi dua hari sebelum lomba, karena dibutuhkan sekitar dua hari untuk mengolah makanan tersebut sebagai bahan bakar. Tubuh akan membakar protein sebagai bahan bakar selama lari, jadi sertakan daging tanpa lemak, unggas, atau ikan ke dalam makanan sebelum maraton. Namun, sehari sebelum lomba, kamu perlu mengurangi konsumsi protein. Hindari apa pun yang akan membuat perutmu sakit dan ingat, pertahankan apa yang biasanya berhasil.

Beberapa makanan yang baik untuk dimakan pada malam sebelum lomba meliputi:

1. Roti gandum utuh

2. Semacam spageti

3. Ubi jalar

Kemudian pada hari acara, jika perlu makan, usahakan mengatur waktu sarapan tiga jam sebelum waktu lomba agar semuanya bisa beres.

5. Tetap terhidrasi

Sehari sebelum lomba adalah hari untuk minum. Minum banyak cairan, tapi jangan di hari lomba. Kamu tidak perlu minum banyak sebelum lomba. Sebab jika kamu terhidrasi sehari sebelumnya, kamu akan baik-baik saja. Pelari sering mengatakan tidak ada yang lebih buruk daripada menghabiskan waktu mengantri di toilet portabel di sepanjang lintasan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"