7 Tips Mengatasi Pegal-Pegal Usai Olahraga, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

7 Tips Mengatasi Pegal-Pegal Usai Olahraga, Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Otot tumbuh dan menjadi lebih kuat ketika terkena kekuatan yang menyebabkan robekan mikroskopis pada serat otot. Cairan mengalir deras ke area tersebut untuk mengeluarkan sel-sel yang rusak dan membangun sel otot baru yang lebih kuat—dan hal itu dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Faktanya, nyeri otot antara 12 hingga 48 jam setelah berolahraga merupakan tanda bahwa ototmu mulai terbiasa dengan rutinitas kebugaran. Sisi negatifnya? Nyeri otot yang terlalu parah dapat memengaruhi rentang gerakmu.

Meskipun tidak ada solusi jitu untuk menghindari nyeri otot, berikut 7 tips mengatasi pegal-pegal sehabis olahraga cukup berat:

Delayed Onset Muscle Soreness (sainspop.com)

1. Makan dengan benar. Tubuh membutuhkan protein untuk memperbaiki otot, karbohidrat untuk bahan bakar latihan berikutnya, dan lemak sehat untuk melumasi persendian. Jadi, penting untuk mengisi bahan bakar sebelum dan sesudah latihan. 

2. Minum yang banyak. Dalam hal pemulihan otot, dehidrasi adalah salah satu musuh terbesar. Untuk membersihkan otot yang rusak, kamu membutuhkan cairan. 

3. Pemanasan. Luangkan waktu 10 hingga 15 menit untuk meregangkan otot sebelum berolahraga dengan beberapa latihan peregangan diikuti dengan aktivitas aerobik ringan (joging perlahan atau jalan cepat). Pastikan aliran darah dalam jumlah yang baik ke otot yang kamu latih hari itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"